Kegiatan Dongeng di MASJID Nurul Hidayah

37

Kota Jambi (kla.id)

Kapan terakhir orang tuamu mendongeng untukmu? Bila kegiatan itu sudah lama sekali, minta mereka untuk melakukannya lagi karena ada begitu banyak manfaat dari mendongeng. Mendongeng tidak saja membuat hubungan orang tua dan anak makin akrab dan hangat, tapi juga bisa mengembangkan logika berpikir anak-anak. Dengan adanya kegiatan ini, Abdul Salim berharap masyarakat umum lebih sadar lagi bahwa dongeng sangat bermanfaat dan para orang tua mulai mendongeng kembali untuk anak-anaknya.

Kegiatan mendongeng yang diadakan di Masjid Nurul Hidayah RT 50 Kelurahan Eka Jaya pada tanggal 20 Juli 2019 diikuti oleh peserta yang kebanyakannya adalah anak-anak murid SD tersebut. Menyenangkan. Sepertinya anak-anak di sini terbiasa menyimak, terbiasa mendengar dan mungkin belum pernah ya mereka mendengarkan dongeng cerita. Jadinya mereka antusias sekali.

Dongeng salah satu medium tepat untuk menyampaikan pesan. Karena dengan dongeng orang tidak selalu berada di bawah tekanan perintah. Tapi dengan dongeng, tekanan-tekanan seperti itu tidak ada. Justru dengan berdongeng memungkinkan orang merasa terhibur sekaligus juga mendapatkan pelajaran. (Yuni.Y)