195 PENGELOLA DAN PENDIDIK TK/PAUD SE~KABUPATEN DOMPU IKUTI WORKSHOP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

44

“Ada Tiga Materi Pokok Utama yang akan diberikan, yakni Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Guru/Pendidik, Peningkatan Mutu Pelajaran dan Peningkatan Iman dan Taqwa.”

Dompu~NTB Kla.id, Sebanyak 195 Orang Pengelola dan Guru/Tenaga Pendidik yang terdiri atas Pengelola/Guru/Pendidik TK dan PAUD se Kabupaten Dompu mengikuti Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan, yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dompu H. Ikhtiar, SH.

Kepala Bidang PAUD dan DIKMAS Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, I Made Suprapta, M.Pd (M.Yusuf Wijaya), Senin (16/9~2019) mengatakan Pelaksanaan Kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan di beberapa Kabupaten dan Kotta di seluruh Indonesia.
“Kami sudah bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk melaksanakan kegiatan ini dan sudah mendatangi 148 Kabupaten dan Kota di Indonesia,” katanya, saat menyampaikan pengantar, bertempat di Gedung PKK Kabupaten Dompu.

Dijelaskan dia, ada Tiga Materi Pokok Utama yang akan diberikan, yakni Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola/Guru/Pendidik, Peningkatan Mutu Pelajaran dan Peningkatan Iman dan Taqwa.

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, H. Ikhtiar, SH, mengatakan Para Peserta adalah Para Pengelola/Guru/Pendidik TK dan PAUD se Kabupaten Dompu yang mewakili Sekolah/Lembaga masing~masing.

Acara Workshop akan dilaksanakan selama 3 hari, Tanggal 16~18 September 2019, yang akan dilaksanakan secara bergantian, di mana untuk hari pertama akan diikuti oleh Pengelola/Guru/Pendidik TK dan PAUD, sedangkan hari Kedua dan ketiga oleh Para Kepala Sekolah/Guru SD dan SMP, untuk pelaksanaan acara sendiri diserahkan sepenuhnya kepada PGRI Dompu.

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu, H. Ikhtiar, SH, mengatakan bahwa sekarang ini Peningkatan Mutu Pendidik adalah sudah menjadi suatu keharusan dan jangan sampai Tenaga Pendidik tidak bisa mengikuti Perkembangan Zaman.
“Pendidikan itu sifatnya dinamis, sehingga akan selalu berubah dari masa ke masa. Sebagai Tenaga Pendidik kita tidak bisa berdiam diri, sehingga harus mampu meningkatkan mutu dan kompetensi diri untuk bisa memberikan yang terbaik kepada Anak Didik,” katanya.

Menurut dia, Para Guru dituntut tidak hanya mampu meningkatkan Kecerdasan Intelektual Siswa dan Mentransfer Ilmu, tetapi juga harus mampu menciptakan karakter baik bagi Para Siswa/Peserta Didiknya.

Dalam kegiatan ini, ia berharap agar semua Peserta bisa menyerap apa yang diberikan oleh Narasumber, sehingga bisa diterapkan di Sekolah/Lembaga masing~masing.
Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih atas kesediaan Penyelenggara untuk berbagi tips dan trik dalam memberikan Pengajaran dan Pendidikan bagi Para Pengelola/Guru/Pendidik di Dompu. Menurut dia ini memang merupakan salah satu Program Kerja Utama yang telah disepakati dalam APKASI.  [Yd/DP3A Dpu]