3 OPD Bantaeng Ikut Mentoring Pengarus utamaan Gender Di Sinjai

202
Mentoring PUG Wilayah I SulSel dikuti 5 Kabupaten/Kota.
Delegasi Bantaeng menyimak materi Mentoring PUG di Sinjai pada hari kedua untuk wilayah I (26/07/2018).

Sinjai, Kamis (26/07/2018). Sedikitnya 30 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non PNS mengikuti Mentoring Pengarus utamaan Gender (PUG) selama 4 hari (25-28 Juli 2018) untuk wilayah I di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

Peserta berasal dari Kabupaten Bantaeng, Bone, Bulukumba, Selayar dan tuan rumah Sinjai. Delegasi Bantaeng dari 3 OPD masing-masing Dinas PMDPPPA, Inspektorat dan Bappeda. Sementara Dinkes, Dinsos, BPKAD dan Dikbud yang juga disebut driver PUG tidak tampak hingga Kamis malam (26/07/2018).

Husaimah Husain dari AIPJ (Australia Indonesia Partnership for Justice) selaku narasumber menjelaskan, “Kegiatan ini sebenarnya adalah mentoring, pendampingan bagi daerah untuk mendapatkan penghargaan APE yaitu Anugerah Parahita Ekapraya. Sebuah penghormatan kepada Kabupaten/Kota yang punya kepedulian terhadap isu perempuan dan anak.” ungkapnya saat diwawancarai Tim AMBAE di.

Narasumber lainnya memaparkan Pengenalan APE yang dibawakan Suci Sapta Margani dan Rosmiati dengan materi Prasyarat Awal Pelaksanaan PUG. Peserta pada kegiatan yang dibuka Kamis pagi itu dipandu untuk mengisi formulir evaluasi PUG sebagai bahan penilaian APE tahun 2018.

“Pertemuan hari ini difokuskan penginputan dan ketersediaan data untuk pengisian APE. Kami dari Bantaeng sudah menyiapkan data. Dari sini juga kelihatan data mana saja yang masih perlu dilengkapi. Untuk itu kita mesti menyeleraskan 4 unit driver yakni Bappeda, BPKAD, Inspektorat dan DPMDPPPA serta 3 lembaga tekhnis yaitu Dikbud, Dinsos dan Dinkes.” tutur Suaib dari DPMDPPPA Kabupaten Bantaeng.

Endingnya untuk memastikan terpenuhinya indikator PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) sebagai alat evaluasi implementasi bagi Kabupaten/Kota.

Berikutnya, mentoring Tahap Lanjutan ini digelar pada 30 Juli-2 Agustus 2018 untuk wilayah Lutim, Lutra dan Luwu, 6-8 Agustus 2018 di Pare-pare untuk wilayah Pare-pare, Sidrap, Soppeng dan Wajo. Terakhir wilayah IV akan dilaksanakan di Makassar tanggal 9-11 Agustus 2018 untuk Makassar, Gowa, Takalar, Maros dan Pangkep. (AMBAE)