Ada Launching Gernas Baku di Bulungan

36

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, H Sudjati, SH mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Bulungan, untuk menyukseskan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku), salah satunya dengan tidak memaksa anak untuk membacakan buku tapi orangtua lah yang harus membacakan buku.

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam launching atau peluncuran Gernas Baku di Lapangan Agathis, Tanjung Selor pada Sabtu (27/7).

‘Mari kita bersama-sama menjadi orangtua yang cinta anak, salah satunya adalah dengan membacakan buku. Saya juga berpesan agar para bunda mengajak tetangganya, maupun lingkungannya agar jangan memaksa anak untuk membaca tapi orangtua lah yang harus membacakan buku,” ucap Bupati. 

Dijelaskan, Gernas Baku merupakan hasil kerjasama, antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Ditbinkel), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas), dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), dan organisasi lain yang bergerak di bidang pendidikan anak.

Gernas Baku juga merupakan bagian dari gerakan literasi nasional untuk menumbuhkan minat baca yang ditujukan kepada anak usia dini yang pada umumnya belum mampu membaca dalam rangka mendukung pengembangan kemampuan literasi anak melalui peran orang tua.

“Kita tahu, bahwa buku itu adalah jendela dunia dan buku itu adalah sumber ilmu pengetahuan. maka kami ingin anak-anak mencintai buku lebih dari pada gadgetnya. Lebih penting lagi, melalui kebiasaan ini dapat mempererat hubungan emosional antara anak dengan orangtuanya,” urai Bupati.

Diharapkan, melalui launching Gernas Baku dapat mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD, dan di masyarakat.

“Membaca buku juga tidak hanya untuk menambah ilmu pengetahuan tetapi cara yang efektif untuk menanamkan karakter positif kepada anak-anaknya,” tegas Bupati. Acara launching Gernas Baku diikuti ratusan murid PAUD, TK dan SD di Bulungan dan diisi pula penyerahan piagam penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI kepada Kelompok Belajar Annuur dan TK Tunas Rimba Tanjung Selor sebagai Inisiator Sekolah Ramah Anak. (hms/bulungan)