Advokasi Pembentukan UPTD PPA di Provinsi Kalimantan Utara

352

Tarakan (kla.id) – Negara terutama pemerintah bertanggung jawab untuk menghormati, melindungi, dan menjamin hak-hak asasi manusia dari setiap warga negara termasuk perempuan dan anak tanpa diskriminasi, karena perempuan dan anak merupakan bagian dari warga negara Indonesia yang memiliki hak yang sama dengan orang lain, dan hak perempuan dan anak merupakan hak asasi manusia yang harus dijamin, dilindungi bukan hanya oleh pemerintah pusat tapi juga oleh pemerintah daerah.

Oleh karena itu KPPPA RI melalui DPPPAPPKB Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan Advokasi Pembentukan UPTD PPA di Provinsi Kalimantan Utara yang bertujuan untuk memberikan arah dalam menetapkan struktur organisasi, tugas, fungsi, dan layanan dari UPTD PPA yang akan dibentuk oleh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk melaksanakan kegiatan teknis operasional di wilayah kerjanya dalam memberikan layanan bagi perempuan dan anak yang mengalami masalah kekerasan, diskriminasi, perlindungan khusus dan masalah lainnya.

Acara dihadiri oleh DPPPAPPKB Provinsi, DPPPAPPKB Kabupaten/Kota, Biro Hukum Provinsi, Biro Hukum Kabupaten/Kota, Biro Organisasi Provinsi, Biro Organisasi Kabupaten/Kota, BKD Provinsi, BKD Kabupaten/Kota, Bappeda dan Litbang Provinsi, Bappeda dan Litbang Kabupaten/Kota.

Kegiatan Advokasi telah dilaksanakan sebanyak 4 kali yaitu :

  1. Tanggal 05 Juni 2018 di Hotel DC Kabupaten Bulungan
  2. Tanggal 06 Juni 2018 di Hotel Padmaloka Kota Tarakan
  3. Tanggal 09 Agustus di Kantor Bupati Nunukan
  4. Tanggal 03 – 05 Oktober 2018 di Hotel Duta Kota Tarakan

Narsumber yang memberikan materi dalam kegiatan ini adalah Narasumber Pusat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Ibu Ratih Rahmawati dan Nur Amelia. Narasumber Daerah oleh Drs. Suryanata, MM.

Semoga dengan adanya kegiatan ini diharapkan layanan bagi perempuan dan anak yang mengalami masalah kekerasan, diskriminasi, perlindungan khusus dan masalah lainnya dapat terlaksana dengan lebih baik.

(Neni)