Anak Maros Akan Memiliki Kartu Identitas Anak

129
Kartu Identitas Anak

Maros (kla.id)

Kartu Identitas Anak (KIA) akan segera diterbitkan di Kabupaten Maros. KIA yang diterbitkan pada tahap awal akan dicetak sebanyak dua ribu lembar. Kartu ini akan diberikan bagi anak yang telah memiliki akte kelahiran.

“Untuk tahap awal kita siapkan 2 ribu blangko KIA yang akan kita berikan pada anak yang telah memiliki akte kelahiran dan pencetakan akan kita mulai Mei mendatang,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Maros, Burhanuddin, Kamis, (7/6/2019).

Dia juga menyampaikan, keterlambatan penerbitan KIA ini karena mesin pencetakan blangko KIA terkena dampak banjir beberapa waktu lalu dan saat ini mesin tersebut masih dalam tahap perbaikan.

“Awalnya KIA akan segera dicetak, namun kita undur karena pada Januari lalu terjadi banjir besar dan mesin pencetakan KIA rusak. Mesin ini berbeda dengan mesin pencetakan KTP,” jelasnya.

Dia melanjutkan, ada beberapa keuntungan bagi anak yang yang memiliki KIA, diantaranya akan mendapat diskon pada tempat bermain, toko buku hingga mendapat voucher-voucher di tempat-tempat yang diajak kerjasama oleh Dinas Dukcapil Maros.

“Nanti ada kemudahan-kemudahan yang didapatkan anak yang memiliki KIA. Bahkan nantinya KIA akan menjadi syarat masuk sekolah seerti di kota-kota lain. Namun di KIA dicetak masih terbatas dan masih tahap awal sehingga belum menjadi syarat masuk sekolah,” ungkapnya.

KIA merupakan kartu identitas untuk anak berusia 0 sampai 17 tahun, setelah 17 tahun KIA akan diganti menjadi kartu tanda penduduk atau KTP. (*)