Anak PAUD Se-Kota Pontianak Serbu Kantor Walikota Pontianak

88
Interaksi Walikota Pontianak dan Bunda PAUD Kota Pontianak dengan Anak PAUD

Kota Pontianak (kla.id) – Siswa-siswi PAUD di bawah binaan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak Kunjungi Kantor Wali Kota Pontianak, Kedatangan mereka disambut Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono untuk melihat suasana lingkungan Kantor Wali Kota, Senin 29 April 2019.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyambut baik kunjungan siswa-siswi PAUD ini karena mereka bisa melihat bagaimana Pemkot Pontianak dalam melayani masyarakat terutama berkaitan dengan pengaturan dan penataan lalu lintas, mengatasi bencana kebakaran, serta sosialisasi dari para dokter gigi yang tergabung dalam Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) tentang pengetahuan bagaimana merawat gigi yang benar. “Pemkot Pontianak sangat berharap terutama kepada guru-guru PAUD di bawah binaan PKK untuk semangat bisa meluangkan waktunya memberikan bimbingan kepada anak-anak PAUD,” ujarnya.

Menurutnya, masih banyak anak-anak PAUD yang belum mendapatkan sekolah atau tempat pendidikan anak yang layak. Hal ini disebabkan masih terbatasnya fasilitas infrastruktur, dan juga pendanaan. “Insya Allah, ke depan kita akan bekerjasama dengan PAUD-PAUD swasta sebanyak-banyaknya, dengan menyediakan PAUD di setiap kelurahan,” kata Edi.

Orang nomor satu di Kota Pontianak ini berpendapat, anak-anak adalah harapan sebagai generasi emas dan generasi ke depan yang akan melanjutkan pembangunan. Oleh sebab itu, lanjut Edi, penanganan terhadap anak-anak PAUD disesuaikan dengan masa atau usianya. Mereka perlu dibentuk karakternya sehingga berbudi pekerti yang baik, semangat dan berbakat yang nantinya bisa menjadi pionir sebagai anak-anak yang unggul, kuat dan cerdas serta membanggakan bagi Kota Pontianak. “Guru-guru PAUD diharapkan sabar dalam membimbing dan membina anak-anak serta membentuk karakter mereka menjadi anak-anak yang memiliki karakter yang baik,” ucapnya.

Bunda PAUD Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie Kamtono menjelaskan, kunjungan siswa PAUD di bawah binaan TP PKK Kota Pontianak ini dalam rangka mengenalkan mereka bagaimana suasana Kantor Wali Kota. Selain itu, mereka juga diberikan edukasi bagaimana cara merawat gigi yang benar serta bagaimana tanggap menghadapi bencana kebakaran. “Karena kurikulum  ini sudah dimasukkan saat ini bagaimana anak-anak PAUD harus tanggap dalam menghadapi bencana, baik itu bencana banjir, kebakaran dan sebagainya,” sebutnya.

Yanieta, yang juga sebagai Ketua TP PKK Kota Pontianak ini menambahkan, untuk Kota Pontianak sendiri, yang paling sering dihadapi adalah bencana kebakaran, jadi mereka diajarkan bagaimana tanggap menghadapi bencana kebakaran. “Edukasi dalam berlalu lintas yang benar juga diberikan kepada anak-anak PAUD,” imbuhnya.

Anak PAUD menyampaikan cita-cita nya kepada Wali Kota Pontianak

Dengan adanya kegiatan ini dirinya berharap para siswa PAUD mendapat wawasan dan pengetahuan baru sehingga kedepannya akan lebih tanggap menghadapi situasi bencana. “Saya berharap kegiatan ini dapat berlangsung rutin setiap tahun sehingga kita selalu memberikan pengetahuan yang update terus,” pungkasnya.

Saat ini, jumlah PAUD binaan TP PKK Kota Pontianak tercatat sebanyak 30 PAUD dengan jumlah 620 siswa. Siswa PAUD di bawah binaan PKK ini tidak dipungut biaya karena memang keberadaan PAUD tersebut diperuntukkan bagi warga kurang mampu.(Maulana)

Anak PAUD mencium tangan Bunda PAUD Kota Pontianak