Askari: Penanganan Anjal Optimis Bisa dilakukan Bersama Unsur Terkait

19

Makassar (kla.id)

Menindak lanjuti hasil pertemuan dengan Gubenur Sulsel bersama semua dinas terkait termasuk Dinas pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak (DPPPA) Provinsi Sulsel, ,dalam penanganan anak jalan (anjal) ,khususnya di Kota Makassar,maka telah dibentuk tim terpadu.

Pelaksana Tugas kepala DPPPA Sulsel, Drs Askari M.si, mengatakan,sesuai hasil pertemuan dan petunjuk dari Gubernur Sulsel, beberapa waktu yang lalu, maka telah dilakukan pertemuan lanjutan dikantor Dinas Sosial Provinsi Sulsel, bersama seluruh unsur baik Tni, Polri, Dinas kesehatan, Dinas Sosial, Dinas pendidikan serta DPPPA sendiri.

“Pada pertemuan itu seluruh pihak sepakat dalam melakukan penanganan anak jalanan secara terpadu,dan diharapkan sesuai keinginan gubernur Sulsel, pada bulan april ini sudah tidak ada lagi ditemukan anjal, Kata Askari saat ditemui dikantornya (1-4-19).

“Penanganan persoalan anjal akan dilakukan bukan hanya dari hulu, tetapi harus maksimal hingga hilir, untuk melihat seperti apa yang terjadi sehingga anjal khususnya di Kota Makassar masih tetap ada,baik itu karena lemahnya dari segi sosialisasi, regulasi maupun lainnya,” Lanjutnya.

Askari lebih jauh mengaku setelah dilakukan pemetaan dan pemantauan oleh dinas sosial Provinsi Sulsel, maka langkah awal yang dilakukan adalah tim dari Kepolisian dan TNI, turun lansung kelapangan untuk mengamankan anjal.

“Setelah dilakukan pemetaan dan pematauan, tahap awal yang dilakukan, tim dari kepolisian dan TNI lansung kelapangan untuk mengamankan anjal untuk selanjutnya diwawancarai untuk mencari tau alasan menjadi anjal, karena biasanya ada yang disebabkan karena tidak punya orang tua, disuruh orang tua karena faktor ekonomi maupun karena di eksplotasi dan dikoordinasi oknum tertentu,” Pungkasnya.

Seluruh Anjal yang telah diamankan akan dibina, termasuk mereka yang putus sekolah akan kembali disekolahkan melalui koordinasi dinas pendidikan Sulsel, yang sakit akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan untuk diobati,yang memerlukan konseling atau pendampingan akan ditangani DPPPA Sulsel.Tegasnya.

Melalui sinergi dengan semua pihak terkait, penanganan anjal optimis bisa dilakukan secara maksimal, Tutupnya