Bantaeng Kembali Raih Piala KLA Kategori Pratama

88
Untuk ketiga kalinya piala KLA mendarat di Bantaeng.
Hj Liestiaty F Nurdin menerima piala KLA di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jatim (23/07/2018).

Surabaya, Selasa (24/07/2018). Malam penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) yang berlangsung di Dyandra Convention Center, Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Senin (23/07/2018) menutup peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018. Sebanyak 177 Kabupaten/Kota menerima penghargaan KLA dari 189 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang mengikuti evaluasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPA-RI).

Sebanyak 2 Kabupaten/Kota meraih KLA kategori Utama, Nindya sebanyak 11 Kabupaten/Kota, Madya sebanyak 51 Kabupaten/Kota dan 113 Kabupaten/Kota untuk kategori Pratama. Termasuk Kabupaten Bantaeng untuk ketiga kalinya setelah meraih penghargaan sama pada tahun 2014 dan 2017. Selain Bantaeng juga meraih penghargaan KLA yakni Kota Makassar, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Takalar, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Wajo, Kabupaten Bone, Kota Pare-pare, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Soppeng.

Di samping itu diberikan penghargaan kepada 10 provinsi sebagai penggerak pengembangan KLA Tahun 2018. Provinsi SulSel salah satunya, indikatornya 50 persen wilayah Kabupaten/Kota di SulSel telah meraih penghargaan KLA. “Targetnya tahun 2030 Indonesia Layak Anak. Meski begitu belum ada Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia yang layak anak. Bilamana di daerah Kabupaten/Kota semuanya sudah dinyatakan Layak Anak, baru provinsi itu dikatakan layak anak.” ungkap Menteri PPPA, Yohana Yembise.

Penghargaan diserahkan langsung Yohana Yembise didampingi Leny Nurhayanti Rosalin, Asisten Deputi Tumbuh Kembang Anak. Hj Liestiaty F Nurdin selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng yang menerima penghargaan malam itu menyatakan senang atas penghargaan yang diraih daerah yang dipimpinnya bersama Bupati Bantaeng, H M Nurdin Abdullah.

“Ini suatu pencapaian luar biasa bagi Kabupaten Bantaeng. Tentunya kita masih menuju Kabupaten Layak Anak. Tantangan membentang di hadapan kita. Bagaimana mengurangi angka kekerasan terhadap anak dan perempuan serta terus berupaya menyediakan fasilitas ramah anak, sekolah, kantor, puskesmas, masjid, jalan dan sebagainya yang ramah anak.” tutur Ketua PKK.

Di tempat sama oleh KPPA juga menyerahkan penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA) kepada SMK Negeri 1 Bantaeng. Penghargaan ini cukup gemilang dan tak kalah mengesankannya dengan KLA, sekolah dimaksud menjadi salah satu dari 4 sekolah terbaik di Sulawesi Selatan dan hanya 19 sekolah dari seluruh wilayah Indonesia untuk semua tingkatan. (AMBAE)