BERAGAM MANFAAT DARI RPTRA TAMARA BAGI ANAK~ANAK DOMPU

33

Dompu~NTB Kla.id, Pembangunan Ruang Terpadu Ramah Anak (RPTRA) merupakan satu di antara Program Unggulan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu yang dimotori oleh Kepala Dinasnya H. Albuhairum, S.Sos.,M.Si yang diperuntukkan kepada Kaum Anak dan Perempuan di Dompu.

Kepada Dompu~NTB Kla.id, baru-baru ini, Albuhairum berharap Taman di Ibu Kota Dompu bisa menjadi tempat silaturahmi dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.
“Tolong dipelihara lingkungannya. Yang mau main skate board ikuti petunjuk, sepeda juga pakai helm. RPTRA juga harus jadi tempat bersilaturahim,” kata Albuhairum saat menata Taman Tamara, Dompu~NTB.

Menurut Albuhairum, di RPTRA, Generasi Muda dan Tua bertemu, anak~anak punya tempat bermain dan orang tua mengawasi anak sambil berinteraksi dengan tetangga.
“Selain menumbuhkan rasa saling peduli, cara ini dinilai dapat menjadi landasan menurunkan angka kekerasan terhadap Anak dan Perempuan karena ruang terbuka dapat diawasi.”



Fasilitas RPTRA
Setiap RPTRA yang dibangun terdapat Fasilitas Perpustakaan. Diharapkan lewat Fasilitas tersebut, bisa menumbuhkan Minat Baca Anak.
Selain itu, RPTRA juga dilengkapi Tempat Bermain. Ada perosotan, ada jungkat jangkit, ada ayunan dan lainnya. Ada juga yang sarana bermain terintegrasi, alias menjadi satu untuk ragam mainan seperti perosotan dan panjat~panjatan.

Tak cuma sejumlah Fasilitas, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Lingkungan Hidup juga bakal menambah Mobil Mini untuk menjemput Manula dan Kaum Disabilitas.
“Toiletnya juga harus masuk kursi roda. Kami ingin Penyandang Disabilitas juga dihargai,” kata Albuhairum.

Albuhairum juga berpesan kepada Dinas terkait untuk menata Pedagang Kaki Lima yang berjualan di sekitar lokasi.
“Saya minta Dinas terkait kuliner diberesin, ada preman ngga disini? Kalau ada tolong Dinas Perhubungan direkrut, jadi Tukang Parkir atau Satpam. Kami mau kelola. Mau 24 Jam buka enggak apa~apa, asal nggak berisik,” kata Albuhairum.     [Yd/DP3A Dpu]