Berbagai Partisipasi Kegiatan Fasilitasi Forum Anak Daerah Kabupaten Sekadau

59

Sekadau, (kla.id) – Ruang partisipasi saat ini menjadi kebutuhan bagi anak-anak, terutama di dalam menyampaikan pandangannya terkait kondisi anak – anak di lingkungan tempat tinggalnya. Dari hal itu DINSOS, PPPA (Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau) menyelenggarakan Forum Anak Daerah Kabupaten Sekadau Tahun 2019 yang ke-7. Dalam sambutan Wakil Bupati Sekadau “Aloysius, S.H., M.Si” menyampaikan kepada peserta Forum Anak yang hadir, “Saya senang anak – anak mengikuti kegiatan ini penuh semangat dan gembira, tahun ini merupakan forum anak yang ke-7 kali nya diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau,”.  Forum anak dibina oleh pemerintah secara berjenjang dalam rangka memenuhi hak partisipasi anak. Hal ini secara tegas telah diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Nomor 04 Tahun 2011 tentang Kebijakan Partisipasi Anak, karena anak merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kelangsungan hidup suatu Bangsa dan Negara. Dalam konstitusi Indonesia, anak memiliki peran strategis yang secara tegas dinyatakan bahwa Negara menjamin hak setiap anak yang dikelompokkan menjadi empat golongan :

  1. Hak bertahan hidup (Survival Right);
  2. Hak tumbuh dan berkembang (Developmen Right);
  3. Hak atas perlindungan (Protection Right);
  4. Hak berpartisipasi (Participation Right);

Dimana Forum Anak adalah Sebagai wadah berkumpul bagi Anak – anak tanpa memandang suku, ras, agama maupun adat istiadat sangat dibutuhkan, dari forum anak ini yang berasal 7 (tujuh) Kecamatan di Wilayah Kabupaten Sekadau dari perwakilan organisasi atau kelompok bakat minat/seni, OSIS, Olahraga, anak berkebutuhan khusus dan lainnya. Serta anak akan menyampaikan pandangannya sesuai kemampuan, salah satunya agar pemerintah dapat mendengarkan aspirasi dari anak, mimpi serta Harapan – harapan yang diinginkan oleh anak yang tinggal di wilayah tersebut. Hal ini disampaikan ketika membuka acara di ruang Aula Multi Hotel beralamat Jl. Merdeka  Timur Kec. Sekadau Hilir, Rabu (20/3).

“Saya  atas nama Pemerintah Kabupaten Sekadau menyambut baik kegiatan ini, serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panitia Pelaksana Kegiatan Fasilitasi Forum Anak Daerah Kabupaten Sekadau Tahun 2019 serta berbagai pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” ujar  Wabup Sekadau kepada media.

Ketika Diwawancarai Wartawan & Tim Peliputan Diskominfo Kab. Sekadau

Kegiatan tersebut tidak hanya dihadiri oleh Wakil Bupati Sekadau tetapi disertai oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Sekadau, “H. Efendi, S.Sos., M.Si” selama pelaksanaan Forum Anak berlangsung.

Kegiatan ini juga didukung oleh Para Narasumber Kabupaten baik dari Kepala Kejaksaan Negeri Sekadau “Andri Irawan, S.H., M.H” juga dari Sekretaris (BAPPEDA LITBANG) Kab. Sekadau Ibu “Theresia Lilih, SH” materi Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Sekretaris (DINSOS, PPPA) Kab. Sekadau  Ibu “Drg. Elsa Setyaningsih, MKM” dengan materi Forum Anak Daerah, dan sebagai narasumber antara lain Kasat Reskrim Resnarkoba POLRES Sekadau “Iptu Anggiat Sihombing” materi NAPZA/ Kenakalan Remaja, Dinas Kominfo  Kepala Bidang (IKP) disampaikan oleh “Anwar, S.Sos” materi Pemanfaatan Teknologi Informasi Tepat Guna Bagi Anak – Anak, serta dari Fasilitator (FAD) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi  Kalimantan Barat “Fajriati Lestari”, dan “Iqlima Natasa” memaparkan bahwa pembentukan forum anak ini bertujuan untuk membentuk anak menjadi pelapor dan pelopor. Tidak hanya itu saja, forum anak menjadikan tempat untuk berkumpul  membuat beragam kegiatan yang menyenangkan, berpartisipasi, dan berpendapat.

Sebagai penanggung jawab kegiatan, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau “H. Suhardi, S.Sos., MM berharap kegiatan ini akan sangat berguna bagi masa depan anak – anak kita nantinya. Karena setiap anak perlu mendapatkan kesempatan Seluas – luasnya untuk tumbuh dan berkembang optimal secara fisik dan mental, mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, serta berakhlak mulia, oleh sebab itu anak perlu dukungan dalam pemenuhan kebutuhan akan Hak – haknya serta adanya perlakuan tanpa diskriminasi. (l’mam)

Gallery Foto Bersama Wakil Bupati Sekadau Tahun 2019