Bintek Pola Asuh Anak di Provinsi Jambi

564

Jambi (kla.id) – Pola Asuh Anak dimaksudkan agar proses kepribadian anak dapat berkembang dengan baik dan ketika dewasa serta menjadi orang yang mandiri dan bertanggung jawab. Parenting atau pola asuh anak adalah suatu proses untuk meningkatkan dan mendukung perkembangan fisik, emosional, sosial, finansial & intelektual seorang anak sejak bayi hingga dewasa,  disamping itu menciptakan kontrol dalam pengasuhan anak. Meskipun tiap orang tua berbeda dalam cara mengasuh anaknya, namun tujuan utama orang tua dalam mengasuh anak adalah sama yaitu untuk mempengaruhi, mengajari dan mengontrol anak mereka, ujar ibu Dra. Luthfiah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi, yang disampaikan pada acara Bintek Pola Asuh Anak di Provinsi Jambi yang dilaksanakan di Aula DP3AP2 Provinsi Jambi pada tanggal 5 Juni 2017

 

Bintek Pola Asuh Anak bertujuan untuk mengetahui fungsi keluarga dalam menerapkan pola asuh terhadap anak, memberikan upaya perlindungan anak terhadap permasalahan social anak dan permasalahan ABK serta memberikan jaminan dalam periode tumbuh kembang anak. Disamping itu dengan pola asuh yang benar akan membentuk Aqidah yang kuat pada anak. Pendidikan yang pertama itu adalah pendidikan tauhid, dimana orangtua menanamkan tauhid atau aqidah yang benar sesuai Al Qur’an dan Sunnah kepada anak-anaknya. Mengajarkan lafadz “laa ilaaha illallaah” sebagai yang pertama kali dikenal anak. Mengajarkan bahwa Allah itu satu, tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah. Menanamkan keimanan, bahwa Allah Maha Melihat setiap yang anak lakukan sekecil apapun.

Pembukaan Bimbingan Teknis Pola Asuh Anak dihadiri OPD terkait serta para pejabat dilingkungan DP3AP2 Provinsi Jambi. Adapun jumlah peserta Bintek Pola Asuh Anak adalah sebanyak 40 orang, yang terdiri dari unsur Dharma Wanita, PKK, BKOW/atau organisasi perempuan lainnya, Forum Anak, Karang Taruna, Osis dll.  Yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini adalah Kepala DP3AP2 Provinsi Jambi Dra. Luthfiah, BKKBN, Psikolog, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dll

 

Bintek Pola Asuh Anak terlaksana dengan baik berkat dukungan dana dari APBD Provinsi  Jambi serta dari berbagai pihak seperti panitia pelaksana, sehingga semua kegiatan baik proses maupun pelaksanaannya sesuai dengan yang diharapkan.

 

Melalui Bintek Pola Asuh Anak diharapkan akan tersosialisasinya tata cara pola asuh anak dalam keluarga dan lingkungan, anak-anak mampu beribadah kepada Allah dengan cara yang benar dan menjamin periode tumbuh kembang anak dan memberikan perlindungan terhadap permasalahan social anak dan permasalahan lainnya (Ly2 Koes)