Birau Bulungan Digelar 12 Oktober

86

Tanjung Selor (kla.id) – Birau atau perayaan besar peringatan Hari Jadi Kota Tanjung Selor ke 229 dan Kabupaten Bulungan ke 59 Tahun 2019 rencananya akan digelar pada Sabtu, 12 Oktober 2019 berupa ritual adat di Kecamatan Tanjung Palas. Hal ini terungkap dalam rapat persiapan yang berlangsung di Ruang Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Rabu pagi (25/9).Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk, orang makan, tabel dan dalam ruangan

Asisten Hukum, Pemerintahan dan Kesra , Ir H Achmad Ideham, M.Si menjelaskan, di tengah keterbatasan anggaran saat ini, Pemerintah Kabupaten Bulungan tetap berupaya menyelenggarakan Birau Bulungan di tahun 2019.

“Meski nanti mungkin disiapkan secara sederhana namun kita harapkan dapat berlangsung semarak, meriah di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya. Birau Bulungan rencananya diawali dengan Sidang Paripurna DPRD Bulungan pada 10 atau 11 Oktober 2019. Kemudian pada Sabtu pagi, 12 Oktober 2019 berlangsung pawai di Kecamatan Tanjung Palas dilanjutkan ritual adat di sekitar Musium Kesultanan Bulungan, Tanjung Palas.Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Selanjutnya pada Senin, 14 Oktober 2019 akan digelar upacara disertai pemotongan tumpeng di halaman Kantor Bupati Bulungan, Jl Jelarai Raya, Tanjung Selor.

“Meski ada kendala anggaran namun bila kegiatan ini dapat kita siapkan dengan baik dan sungguh-sungguh, mudahan dapat berjalan semarak bagi masyarakat,” harapnya dalam rapat yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Tata Pemerintahan, Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, Dinas Perhubungan serta camat dan lurah.