BMC untuk Percepatan Layanan Publik

16

Tanjung Selor (kla.id) – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Utara (Kaltara), Syahrullah Mursalin menyambut baik diluncurkannya Bulungan Monitoring Center (BMC) di Gedung Gadis, Kamis (26/9). Dengan diluncurkannya BMC, percepatan layanan kepada publik dapat lebih baik. BMC merupakan inovasi dari Polres Bulungan.

Layanan BMC berupa layanan kepolisian kepada masyarakat Bulungan yang bersifat online. Seperti layanan SIM (Surat Izin Mengemudi) dan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) online. Ini dapat terlihat dari aplikasi mobile android BMC Bulungan.

Syahrullah mengatakan, kedepannya Diskominfo Kaltara dapat berkolaborasi dengan BMC. Salah satunya adalah integrasi dengan Closed Circuit Television (CCTV). “Kan ada pemasangan CCTV di tempat-tempat rawan. Jadi Diskominfo dapat monitoring juga,” katanya.

Ungkapnya, Diskominfo dalam rencana membangun Command Center dalam skala provinsi. Selain BMC, inovasi kabupaten/kota lainnya, nantinya akan diintegrasikan. “Monitoringnya nantinya jadi lebih luas, bukan di Bulungan saja. Caranya tinggal kita ambil IP (internet protokol) dari CCTV milik mereka,” ujarnya.

Dijelaskannya pula, kedepannya penggunaan aplikasi di pemerintahan akan mengacu pada Peraturan Presiden No 95/2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). “Nantinya aplikasi yang dipakai berupa adopsi dari aplikasi umum yang sudah ada dan diakui oleh pemerintah pusat. Kalau mau pake aplikasi yang sifatnya khusus perlu rekomendasi dari Diskominfo,” tutupnya.

(humas)