BULUNGAN-RATUSAN PELAJAR IKUTI LOMBA KAMPANYE GEMAR MEMBACA

47

BULUNGAN (kla.id) – Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia di Kabupaten Bulungan tahun 2019. Mulai dari pelajar TK, SD, dan SLTP Se-Kota Tanjung Selor dan sekitarnya kegiatan ini berlangsung di sepanjang tepian Sungai Kayan, Jl. Katamso Tanjung Selor. 30/4/2019.

Kegiatan ini di hadiri Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Drs. Kornelis Elbaar, M.Si, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bulungan Drs. Datu Buyung Perkasa berserta staf, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulungan, Para guru pembimbimg dan pengajar, Pelajar Se-Kota Tanjung Selor dan sekitarnya.

Dalam sambutan Bupati Bulungan yang di bacakan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Drs. Kornelis Elbaar, M.Si, disampaikan, ”Saya atas nama pemerintah daerah Kabupaten Bulungan, dalam kesempatan ini mengucapkan selamat memperingati Hari Buku sedunia yang jatuh setiap tanggal 23 april. Sebagaimana kita ketahui, hari buku sedunia pada 23 april ditetapkan oleh UNESCO atau organisasi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan perserikatan bangsa-bangsa sejak tahun 1995 dalam sebuah konferensi umum di Kota Paris, Prancis. Peringatan ini dicetuskan untuk mempromosikan budaya membaca kepada masyarakat dunia dan sebagai upaya menentang segala bentuk plagiarisme.”

“Sudah sepatutnya Perpustakaan mengikuti perkembangan zaman dengan menghilangkan kesan kaku dalam Perpustakaan. Dengan begitu, anak muda akan kembali tertarik datang ke Perpustakaan. Perpustakaan hendaknya juga dapat lebih fleksibel dalam hal waktu buka sehingga bisa menarik pengunjung lebih banyak. Misalkan saja, perpustakaan dibuka pada malam minggu agar menarik minat anak muda untuk berkunjung ke Perpustakaan. Selain anak muda bisa menyalurkan waktunya menjadi lebih bermanfaat, Perpustakaan juga bisa kembali ramai seperti dulu.”

“Peran Pustakawan juga sangat penting untuk bersikap ramah kepada para pengunjung. Selain membuat pengunjung betah berada di Perpustakaan, Pustakawan yang friendly atau ramah juga akan menarik minat masyarakat untuk datang ke perpustakaan sehingga pusat literasi ini tak lagi sepi. Saya berharap, bertepatan dengan momentum Hari

Buku Sedunia ini, sudah sepatutnya perpustakaan berbenah diri, sehingga dapat kembali menarik hati masyarakat untuk singgah membaca. Dengan begitu, minat berliterasi masyarakat akan semakin meningkat.”

  • https://www.bulungan.go.id/v5/index.php/kontak-kami/1289-bulungan-ratusan-pelajar-ikuti-lomba-kampanye-gemar-membaca
  • Diskominfo Kabupaten Bulungan