BUPATI HBY TERBITKAN PERBUP PENGEMBANGAN FORUM ANAK DOMPU

40

Dompu~NTB Kla.id, Anak merupakan potensi dan sumber daya manusia penerus pembangunan yang harus dilindungi dan dipenuhi hak~haknya oleh Negara, Pemerintah, Keluarga, Orang tua dan Masyarakat untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi.
Penjaminan Pemenuhan hak anak untuk berkumpul, menyatakan dan didengarkan pendapatnya serta mencari, menerima dan menyampaikan informasi maka perlu dibentuk Forum Anak;

Dalam rangka Pengembangan Forum Anak, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perindungan Anak Kabupaten Dompu telah menerbitkan Peraturan Bupati Dompu Nomor 44 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan dan Pengembangan Forum Anak Daerah di Kabupaten Dompu.

Forum Anak Daerah adalah Wadah/Wahana bagi Anak untuk berkumpul, menyatakan dan didengar pendapatnya serta mencari, menerima dan menyampaikan informasi.

Perbup Juklak Pembentukan & Pengembangan Forum Anak

Prinsip dalam Pembentukan dan Pengembangan Forum Anak Daerah meliputi ; (1) Non~Diskriminasi; (2) Kepentingan Terbaik untuk Anak; (3) Perlindungan hak~hak Anak; dan (4) Penghormatan terhadapPpendapat Anak.

Tujuan Pembentukan dan Pengembangan Forum Anak adalah ;
a) mempercepat upaya pemenuhan hak anak untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi;
b) menyediakan wadah dan/atau wahana bagi anak untuk menyantakan dan didengar pendapatnya serta menerima, mencari dan memberikan informasi;
c) menyediakan wadah bagi anak untuk memanfaatkan waktu luang bermain, berkreasi dan pengembangan diri;
d) meningkatkan peran pemerintah, dunia usaha, lembaga social kemasyarakatan, lembaga masyarakat di dalam pemenuhan hak anak untuk tumbuh kembang dan berpartisipasi; dan
e) menyediakan wadah dan/atau wahana pembinaan tumbuh, kembang dan perlindungan anak

Kepengurusan Forum Anak terdiri dari ; a. Ketua; b. Wakil Ketua; c. Sekretaris; d. Wakil Sekretaris; e. Bendahara; f. Wakil Bendahara; dan g. Divisi~Divisi sesuai dengan kebutuhan

Forum Anak Daerah Dompu mempunyai tugas sebagai berikut ;
1) menyelenggarakan kegiatan Organisasi Forum Anak;
2) merencanakan kegiatan;
3) melaksanakan kegiatan;
4) melaksanakan koordinasi;
5) melaksanakan koordinasi kepada Fasilitator;
6) melaksanakan kegiatan pertemuan rutin; dan
7) membuat laporan tertulis tentang kegiatan Forum Anak yang telah dilaksanakan dalam setahun

Masa Bhakti KepengurusN Forum Anak Daerah adalah selama 3 (Tiga) Tahun dan dapat dipilih kembali untuk Periode berikutnya.
Keanggotaan Forum Anak Daerah terdiri dari Anak Usia 6-18 Tahun dengan latar belakang berasal dari Osis, Pramuka, Palang Merah Remaja dan Organisasi Anak lainnya.

Setiap Anggota Forum Anak memiliki hak, sebagai berikut ; (a) dipilih sebagai Pengurus; (b) mendapatkan perlakuan yang adil dari pada masing~masing Pengurus Forum Anak; (c) menyampaikan pendapat; dan (d) ikut dalam rapat~rapat dan pertemuan~pertemuan yang dilaksanakan oleh masing~masing Forum Anak.

Setiap Anggota Forum Anak memiliki kewajiban, sebagai berikut ; (a) aktif dalam setiap kegiatan pada masing~masing Keanggotaan Forum Anak Daerah; (b) mematuhi Ketentuan dan Peraturan Perundang~Undangan pada masing~masing Keanggotaan Forum Anak Daerah; dan (c) mematuhi ketentuan hasil musyawarah pada masing~masing Keanggotaan Forum Anak Daerah.

Peraturan Bupati Dompu Nomor 44 Tahun 2018 ini merupakan suatu Bentuk Apresiasi Bupati Dompu, H. Bambang M. Yasin terhadap berbagai Kegiatan Forum Anak Dompu dalam berbagai Bidang Pembangunan.
“Perbup Petunjuk Pelaksanaan Pengembangan Forum Anak ini merupakan petunjuk bagi Pemerintah Kabupaten Dompu, khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam mewujudkan Partisipasi Forum Anak Dompu dalam berbagai Bidang Pembangunan di Kabupaten Dompu”, papar HBY.

“Semoga Forum Anak Dompu kedepannya dapat berpartisipasi dalam setiap Tahapan Pembangunan di Daerah Dompu, mengingat Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak merupakan tanggungjawab semua komponen yang ada di Negara Indonesia ini”, lanjut HBY.   [Yd/DP3A Dpu]