Bupati Pimpin Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di Tanjung Palas Utara

48

Tanjung Selor (kla.id) – Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Bulungan yang diadakan di Kecamatan Tanjung Palas Utara, berlangsung dengan khidmad pada Sabtu (17/8) lalu.

Upacara yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Garuda Bhakti Desa Panca Agung tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara (Irup) Bupati Bulungan H.Sudjati, diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, Pelajar, Mahahsiswa dan masyarakat.

Bertugas sebagai Perwira Upacara Danramil 0903-13 Tanjung Palas Utara Kapten Inf Irwan Saini dan Komandan Upacara langsung oleh Kapolsek Tanjung Palas Utara Iptu Yulius Heri Subroto.

Upacara semakin khidmad saat pembacaan Teks Proklamasi yang dibacakan oleh Ketua DPRD Sementara Bulungan Dwi Sugiarto yang diawali dengan dinyalakannya sirine sebagai tanda detik detik proklamasi.

Seluruh peserta upacara yang tengah berdiri juga melanjutkan dengan menundukkan kepala dalam proses menyanyikan lagu mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan doa dan persiapan pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari putra-putri terbaik di Tanjung Palas Utara.

Diakhir upacara Bupati Bulungan H. Sudjati juga menyerahkan piagam penghargaan bagi camat-camat berprestasi di Bulungan tahun 2019. Peringkat ketiga diterima oleh Camat Tanjung Palas Barat, Rahmadz. Sementara pada peringkat kedua diterima oleh Camat Tanjung Palas Utara, Hardiansyah dan Peringkat pertama diterima oleh Camat Bunyu, Nurdin.

Diujung kegiatan juga ditampilkan marching band persembahan dari Smastara Bina Kartika SMAN 1 Tanjung Palas Utara.

Untuk diketahui, pada tingkat Kabupaten peringatan detik-detik proklamasi sejak tahun 2018 dilaksanakan bergilir di tiap-tiap kecamatan, dimulai dari Tanjung Palas dan tahun ini di Tanjung Palas Utara serta Peso yang juga langsung dipimpin langsung Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala di Lapangan sepak bola Desa Long Bia, Kecamatan Peso.(MC Bulungan/sny)