Ciptakan Suasana Santai, Musrenbang Anak Bontobahari Dilaksanakan di Ruang Terbuka

77


Bulukumba (kla.id)
Pelaksanaan Musrenbang Anak Tingkat Kecamatan Bonto Bahari berbeda dengan pelaksanaan Musrenbang tahun sebelumnya. Tahun 2018 lalu, kegiatan serupa dilaksanakan dalam ruangan atau aula pertemuan. Namun Musrenbang Anak Tingkat Kecamatan Bontobahari yang dilaksanakan pada Kamis 24 Januari 2019 berlangsung di ruang terbuka yakni Taman SMPN 32 Bulukumba.
Kondisi seperti ini menurut Camat Bontobahari sengaja dikemas untuk menciptakan kesan santai, rileks dan penuh kegembiraan.
Saat membuka kegiatan Musrenbang Anak, Hj. Umrah Aswani, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mewakili Bupati Bulukumba mengharapkan agar Camat Bontobahari memberikan perhatian yang besar terhadap pembentukan Forum Anak di tingkat Desa dan Kelurahan dalam wilayah Kecamatan Bonto Bahari.

Di depan puluhan anak-anak Bonto Bahari, mantan Kabag Kesra itu juga menghimbau agar usulan dalam Musrenbang Anak itu tidak hanya terfokus pada pengusulan pembangunan infrastruktur. “Kita berharap agar anak-anak kita juga mengusulkan program kegiatan pengembangan sumber daya manusia dan pemenuhan hak-hak anak,” kata Hj. Umrah Aswani.
Senada dengan pernyataan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Rakhmat Riswan salah seorang Kepala Seksi yang menangani data dan informasi di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Anak adalah forum yang diharapkan dapat menjadi ajang menyuarakan dan merumuskan kepentingan, mimpi-mimpi dan harapan anak dalam pembangunan bangsa dan negara sebagai bagian dari hak-haknya.
Sementara itu, H. Andi Agus Salim Ishak, Kabid Sosial Budaya Bappeda yang mewakili Kepala Bappeda Bulukumba menyampaikan bahwa, ada beberapa usulan dari Forum Anak yang merupakan hasil Musrenbang Anak khususnya di Kecamatan Bonto Bahari pada tahun 2018 sudah terakomodir pada APBD 2019, salah satunya adalah pembangunan taman bermain anak yang dilengkapi dengan rumah baca di Desa Sapolohe.
“Hal ini merupakan bukti bahwa pemerintah memberikan perhatian besar terhadap hasil Musrenbang Anak di Kabupaten Bulukumba,” kata H. Andi Agus Salim Ishaq.
Selain dihadiri oleh Bappeda, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Forum Anak Daerah Panrita Lopi, dan Forum Anak Kecamatan Bontobahari, kegiatan tersebut juga dihadiri unsur Tripika Kecamatan Bontobahari. ( Herawati Idrus-Iin Hardiana-Masykur-Muhajir-Foto Iin Hardiana)