Dewan Juri TMPI 2013 sebanyak 7 orang

221

Jakarta. KLA.or.id- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan melaksanakan kegiatan Pemilihan Tunas Muda Pemimpin Indonesia (TMPI) dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional 2013. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan reguler yang telah dilaksanakan sejak tahun 2004. Oleh karena itu KPP-PA menyelenggarakan rapat persiapan TMPI 2013 untuk membahas agenda TMPI 2013 ini (2/4).

Rapat persiapan TMPI 2013 ini dilaksanakan di Ruang Seloka Hotel Bintang Griyawisata Jakarta dan dibuka oleh Asisten Deputi Partisipasi Anak KPP-PA. Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa K/L dan stakeholders anak. “Kegiatan TMPI merupakan salah satu perwujudan dari amanah UU, dari 4 (empat) hak anak yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi, TMPI ini merupakan salah satu upaya pemenuhan hak partisipasi anak”, ucap Usman Basuni, SE, MA, MPHR selaku Asisten Deputi Partisipasi Anak KPP-PA.

“TMPI sudah dilakukan hingga sekarang akan ke-9 kalinya.Jumlah berkas yang masuk dari tahun ke tahun cenderung meningkat, rata-rata berkas masuk sebanyak 200-400 per tahun”, lanjut Usman Basuni, SE, MA, MPHR.

Diskusi diawali dengan evaluasi pelaksanaan TMPI 2013 selanjutnya pembahasan agenda TMPI 2013 dan penentuan dewan juri. “Sebaiknya dewan juri lebih banyak lagi perwakilan mudanya”,kata Laura Hukom WVI.

Setelah diadakan diskusi dan tanya jawab terkait pelaksanaaan TMPI tahun tahun yang lalu serta agenda TMPI 2013 disepakati juga bahwa dewan juri sebanyak 7 (tujuh) orang akan dipilih dari beberapa peserta yang telah diundang di dalam rapat tersebut.

“Pemilihan TMPI dimaksudkan untuk memberikan penghargaan terhadap pemikiran, aspirasi, suara, prestasi dan partisipasi anak dalam pembangunan. Dari kegiatan TMPI kita dapat melihat bahwa terlepas dari kasus-kasus anak masih banyak anak-anak kita yang berprestasi”, ucap Usman Basuni, SE, MA, MPHR pada penutupan rapat tersebut. (nic)