Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan Menggelar Sosialisasi Puspaga, PATBM dan Dekela di Kecamatan Tanjung Palas

393

Tanjung Selor (kla.id) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bulungan melakukan sosialisasi Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) yang dirangkai dengan sosialisasi PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) dan Dekela (Desa Kelurahan Layak Anak). Kegiatan ini digelar di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Tanjung Palas, Kamis (26/7).

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Bapak Wahidin, S.Sos selaku Camat Tanjung Palas beserta staf, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Penyuluh Kampung Keluarga Berencana (PKB), Forum Anak Daerah (FAD) Kecamatan Tanjung Palas dan Masyarakat Sekitar.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu dr.Hj, Aryani Arsyad, M.Kes selaku Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber Puspaga, Tri Endah Prasetyaningsih, M.Pd selaku Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber PATBM dan YB Prih Muji Darmawan, S.Psi selaku selaku Staf Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas
DP3AP2KB Kabupaten Bulungan sebagai narasumber Dekela.

Puspaga adalah tempat pembelajaran untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera  melalui meningkatan kapasitas orangtua/keluarga atau orang yang bertanggungjawab terhadap anak dalam menjalankan tanggungjawab mengasuh dan melindungi anak agar tercipta kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan, dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan demi kepentingan terbaik anak, termasuk perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah dan penelantaran.

Selain itu, Puspaga ini sejalan dengan pengembangan KLA (Kabupaten Layak Anak) yang ditetapkan oleh pasal 21 UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Salah satu tujuan dari Puspaga adalah tersediannya tempat penghubung rujukan sebagai solusi bagi permasalahan anak dan keluarga, ujar Aryani Arsyad.

Pada sesi berikutnya, pemaparan materi PATBM oleh Tri Endah Prasetyaningsih, M.Pd mengatakan “PATBM itu sendiri adalah sebuah Gerakan dari jaringan atau kelompok warga di tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak” ujarnya.

Selanjutnya YB Prih Muji Darmawan, S.Psi selaku narasumber Dekela mengatakan bahwa salah satu tujuan Dekela untuk memastikan dalam pembangunan desa/kelurahan memperhatikan kebutuhan, aspirasi, kepentingan terbaik bagi anak dan tidak diskriminasi terhadap anak.

Selanjutnya acara sosialisasi ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta kepada narasumber.