Dinas DP3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah Melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Pemenuhan Hak Anak (PHA) di Kabupaten Seruyan

219

Palangkaraya (kla.id) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah melalui Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Pemenuhan Hak Anak (PHA) di Kabupaten Seruyan Dalam rangka pembangunan anak untuk memenuhi hak-hak mereka, Pemerintah Indonesia telah meratifikasi Konvensi Hak Anak (KHA) dengan Keputusan Presiden No. 36/1990, dengan mengadopsi empat prinsip pembangunan anak, yaitu: (a) non diskriminasi; (b) kepentingan yang terbaik bagi anak; (c) hak hidup, kelangsungan dan perkembangan; dan (d) penghargaan terhadap pendapat anak. Beberapa peraturan perundang-undangan juga telah ditetapkan untuk memperkuat pelaksanaan pembangunan anak di Indonesia, misalnya yang mengatur tentang: kesejahteraan anak, pengadilan anak, perlindungan anak, pekerja anak, penghapusan kekerasan terhadap anak, dan perdagangan anak. Setiap anak hidup dalam sebuah lingkungan di mana kualitas tumbuh dan berkembangnya sangat tergantung pada lingkungan tersebut. Untuk menghasilkan sumber daya manusia berkualitas unggul di masa depan, lingkungan tempat di mana anak-anak tinggal harus dapat memenuhi hak-hak anak, termasuk hak bermain, hak belajar, hak berkumpul dan hak untuk didengar pendapatnya yang disampaikan dalam sambutan Hj Rusnah, M.Pd selaku Asisten I Bidang Pemerintahan dihadapan para peserta Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Pemenuhan Hak Anak (PHA) selama 1 (satu) hari di Aula Serba Guna Kuala Pembuang (13/11)-.

Kegiatan ini bertujuan Membentuk strategi pelaksanaan Pemenuhan Hak Anak (PHA) di Kabupaten Seruyan  sehingga menjadi Kabupaten yang Layak Anak dan membentuk  Tim Gugus Tugas Kabupaten Seruyan Layak Anak.

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan dan laporan ketua panitia pelaksana yang disampaikan oleh kepala Seksi Perlindungan Anak sekaligus yang membuka acara Hj. Rusnah, M.Pd Asisten I Bidang Pemerintahan di lanjuti dengan materi paparan narasumber Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah 1 orang, Narasumber Daerah 2 orang  dari DP3APPKB  dan Bappeda Kabupaten Seruyan. Paparan yang disampaikan adalah Pembentukan Tim Gugus Tugas KLA dan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) di Kabupaten Seruyan.

Kegiatan ini di dukung oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah dan  DP3PPKB Kabupaten Seruyan. Peserta kegiatan ini berjumlah 62 orang yang terdiri Dinas P3APPKB dan Instansi Vertikal terkait Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Pemenuhan Hak Anak (PHA) dibebankan pada DPA- APBD 2018.

Melalui kegiatan ini diharapkan kabupaten seruyan membentuk Tim Gugus Tugas Layak Anak (Revika, A.Md).