Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kerjasama Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil dan Dokumen Anak

33

Tanjung Selor (kla.id) – Apel Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada senin pagi (2/9) dirangkai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), RSUD Soemarno Sosroatmodjo dan sejumlah Puskesmas terkait pelayanan kesehatan ibu hamil dan dokumen anak.
Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan Pemerintahan, Drs.H. Agus Nurdiansyah selaku pemimpin apel menjelaskan adanya perjanjian kerjasama tersebut diharapkan dapat semakin meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap ibu dan anak du Kabupaten Bulungan termasuk kaitannya dalam pencatatan sipil berupa akta kelahiran, kematian maupun Kartu Keluarga dan Karti Identitas Anak.
“Ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan pemerintah daerah Kabupaten Bulungan kepada masyarakat, khususnya kepada ibu dan anak” ujarnya.
Perjanjian kerjasama yang merupakan bagian dari proyek perubahan Sekinjau Semisa tersebut melibatkan Puskesmas Tanjung Palas, Puskesmas Salimbatu, Puskesmas Bumi Rahayu, Puskesmas Pimping dan Puskesmas long Beluah.
Selain memfasilitasi dokumen catatan sipil terhadap ibu hamil dan anak, kegiatan ini juga bertujuan untuk menekan angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Kabupaten Bulungan.
“Kemudian kita umat Islam juga baru saja merayakan tahun baru 1441 Hijriah, kiranya hal ini dapat memotivasi kita semua khususnya ASN di lingkungan Pemkab Bulungan untuk meningkatkan kinerja lebih baik lagi serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat”. tandasnya (Pemkab Bulungan).