Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi Kalimantan Tengah

146

Palangkaraya (kla.id) ‘Dalam rangka meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi Kalimantan Tengah yang menjadi bagian intergal dari Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tanggal 23 juli 2019 yang di ikuti oleh perwakilan 14 Kabupaten/Kota Forum Anak Daerah (FAD) se Kalimantan Tengah. Melalui Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak untuk bangga menjadi anak indonesia dan termotivasi untuk menjadi inspirator perubahan dan mampu berpartisipasi dalam proses pembangunan. Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi Kalimantan Tengah  juga merupakan forum aspresiasi atau penghargaan bagi Forum Anak Daerah yang telah memiliki prestasi dan aktif berpartisipasi di lingkungannya masing-masing, menjadi Pelopor dan Pelapor dalam melakukan sosialisasi dan advokasi di bidang pemenuhan hak anak dan pelaksanaan kewajiban anak melalui mekanisme pertemuan perwakilan atau pengurus Forum Anak Daerah (FAD) dari seluruh provinsi, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Tengah melalui Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Kualitas Keluarga Norliani, SKM.,M.Kes dihadapan peserta Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi di hotel Grand Global tanggal 02 Mei s/d 04 Mei 2019 selama 3 (tiga) hari.

Untuk memberikan ruang partisipasi anak dalam pembangunan, mengambangkan rasa nasionalisme, kebhinekaan, persaudaraan dan mempertahankan nilai-nilai luhur budaya bangsa dalam menghadapi dinamika perubahan global.

Pertemuan ini diawali dengan registrasi peserta dan pembukaan, kegiatan ini di buka oleh  Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Kualitas Keluarga Norliani, SKM.,M.Kes yang mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi Kalimantan Tengah pada Pertemuan Forum Anak Daerah (FAD) 2018. Narasumber daerah berjumlah 4 (empat) orang yang terdiri dari dr. ADM. Tangkudung, M.Kes Kepala Dinas P3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah, dr. Fery Iriawan, MPH Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, Guruh Eka Saputra Wakil Sekretaris Peradi Palangka Raya dan Rensi, M.Psi Psikolog Provinsi Kalimantan Tengah. Materi Yang sampaikan adalah : 1. Mengenal diri untuk memaksimalkan pengembangan potensi diri. 2. Peran forum anak sebagai 2P. 3. Kesehatan reproduksi bagi remaja.

Jumlah peserta 60 (enam puluh) orang yang merupakan perwakilan dari 14 kabupaten/kota di tambah 6 (enam) orang Forum Anak Daerah (FAD) Provinsi Kalimantan Tengah (FAD), 12 (Dua Belas) orang dari LO Provinsi Kalimantan Tengah. Dari hasil Rapat Koordinasi Forum Anak Provinsi terpilih 14 orang anak yang terpilih jadi forum anak nasional (FAN) tahun 2019 di Makasar pada bulan juli. Nama-nama anak forum anak nasional (FAN) tahun 2019 antara lain :

  1. Petra Chris mastianto FAD Kota Palangka Raya
  2. Isyifa Lintan Az Zuhro FAD Kab. Katingan
  3. Regista Tri Puspitasari FAD Kab. Pulang Pisau
  4. Ahmad Hafi Maulana FAD Kab. Kapuas
  5. Aprilia Harapani FAD Kab Barito Selatan
  6. Maria Talenta FAD Kab. Bariti Timur
  7. Adina Mardhatillah FAD Kab. Barito Utara
  8. Pepriadi FAD Kab. Gunung Mas
  9. Marisha Putri Nur L FAD Kab. Kotawaringin Barat
  10. Ajeng Yasmin Putri Meisa FAD Kotawaringin Timur
  11. Sri Nursafitri FAD Sukamara
  12. Rio Ilham Dwisaputra FAD Murung Raya
  13. Ainur Rafiq FAD Kab. Seruyan
  14. Yosua Purba FAD Lamandau

Anak adalah generasi penerus yang menentukan masa depan bangsa dan negeri. Jadilah anak Cerdas, Gesit, Empati, Berani dan Sehat (Revika, A.Md).