Dinas PPPA Lutra Melaksanakan Pelatihan Forum Anak Sebagai Agen 2P (Pelopor dan Pelapor)

29

Luwu Utara (KLA.id)

Dalam rangka meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, melaksanakan Kegiatan Pelatihan Forum Anak sebagai Agen 2P selama 2 (dua) hari di Hotel Bukit Indah Masamba (5-6 Oktober 2019).

Kegiatan ini dimaksudkan agar pengurus Forum Anak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam sebagai agen pelopor dan pelapor (agen perubahan) dalam pembangunan, dan diharapkan forum anak Kabupaten Luwu Utara dapat menjadi orang yang bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan yang dapat membantu dan mengajak orang lain di sekitarnya dapat turut serta dalam proses perubahan.

kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Utara, dr. Hj. Nurhusnah, M.Kes, yang diikuti sebanyak 50 anak, yang terdiri dari Forum Anak Kabupaten dan Forum Anak Kecamatan se Kabupaten Luwu Utara. Dalam sambutannya Kadis P2PA mengatakan bahwa Forum Anak merupakan mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak. Forum Anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang dimulai dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional olehnya itu Forum Anak sangat diperlukan untuk berperan aktif dalam pembangunan daerah dan Forum Anak juga adalah sebagai syarat mutlak terwujudnya Kabupaten Layak Anak (KLA).

Adapun Narasumber/Pemateri pada kegiatan ini yaitu Kepala Dinas P2PA, Sekretaris P2PA, Kepala Bidang PPA serta Fasilitator Forum Anak yang telah mengikuti Pelatihan Agen 2P (Pelopor & Pelapor) tingkat Kabupaten maupun tingkat Nasional, yang diantaranya Mutiara Pangadongan, Muhammad Hidayat, Gusti Ngurah Ari, Lutfi Prastiwi serta turut hadir pula Ketua Forum Anak Provinsi Sulawesi Selatan (Suliz). peserta dibekali berbagai materi seperti peran forum anak sebagai agen 2P, dan pemenuhan hak dan perlindungan anak pada 5 klaster.

Harapan dr. Hj. Nurhusnah, dengan adanya kegiatan ini diharapkan Forum  Anak memiliki pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam, agar Forum Anak diharapkan bisa menjalankan perannya sebagai 2P yaitu, Pelopor dan Pelapor,” ujarnya. (Nhan).