Dinas PPPAPPKB, PKB Tanjung Selor, FAD, Duta PIK R dan MAN Bulungan Kerja sama Sosialisasi dan Pembentukan PIK R

51

Tanjung Selor (kla.id) – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bulungan (DPPPAPPKB) bekerjasama dengan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Tanjung Selor, Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bulungan, Duta PIK R Kabupaten Bulungan dan MAN Bulungan mengadakan sosialisasi dan pembentukan PIK R pada siswa siswi MAN Bulungan, Selasa (17/09/19).

Rita Mariani perwakilan Dinas PPPAPPKB mengatakan “PIK Remaja bertujuan untuk memberikan informasi PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja), Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), Pelayanan Konseling dan Rujukan PKBR,”.

Dilanjutkannya Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) adalah suatu wadah kegiatan program PKBR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang Perencanaan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. PIK Remaja adalah nama generik.
“PKBR adalah suatu program untuk memfasilitasi terwujudnya Tegar Remaja, yaitu Remaja yang berprilaku sehat, terhindar dari resiko TRIAD KRR (Sexualitas, Napza, HIV dan AIDS), menunda usia pernikahan, mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera serta menjadi contoh, model, idola, dan sumber informasi bagi teman sebayanya,”. pungkasnya.
Emy Wulandari, SE salah satu perwakilan PKB Tanjung Selor dalam acara yang sama mengatakan, Kegiatan ini begitu sangat penting bagi kalangan remaja di era moderen ini, mengingat pergaulan bebas semakin merajalela yang datang dari hal negatif yang tidak mampu mereka sadari.
“kegiatan ini juga bisa memberikan nilai positif kepada para pelajar agar mereka menjadi virus baik dengan menularkan hal positif kepada temanya sehingga mereka lebih mengenal baik dan buruk nya pergaulan di zaman sekarang ini, sebab remaja juga adalah aset Negara,” pungkasnya.