Dinsos Distribusikan Bantuan ke Kampung Siaga Bencana

12

Tanjung Selor (kla.id) – Sebagai antisipasi kesiapsiagaan bencana yang terjadi di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara), Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Sosial (Dinsos) mendistribusikan barang bantuan melalui Kampung Siaga Bencana atau desa-desa yang rawan dampak bencana. “Barang logistik yang diberikan ini bantuan dari Kemensos (Kementerian Sosial) untuk kesiapsiagaan bencana kepada desa yang rawan bencana yang berada di wilayah Kaltara,” jelas Kepala Dinsos Kaltara Sugiono, Kamis (13/9). Bantuan yang diberikan, antara lain berupa, tenda darurat, matras, perlengkapan anak-anak, serta kebutuhan darurat lainnya.

Diungkapkan, beberapa Kampung Siaga Bencana di Kaltara yang akan menerima distribusi logistik tersebut, di antaranya berada di Nunukan, Malinau dan Tana Tidung. “Yang di Malinau, diserahkan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Sosial Kabupaten Malinau. Untuk Tana Tidung, nanti akan disalurkan pada jadwal berikutnya,” ujar Sugiono.

Kampung Siaga Bencana secara nasional, di Kaltara sudah banyak terbentuk. Seperti di Kecamatan Peso, Malinau; Lumbis, dan Sembakung di Nunukan. “Kampung Siaga Bencana di Kaltara, kebanyakan rawan banjir. Selain dibantu logistik, kepada masyarakatnya juga dilatih bagaimana menyelamatkan diri dari bencana. Seperti mencari lokasi yang aman dari bencana,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Sugiono menyebutkan, bahwa Kaltara sejauh ini masuk dalam kategori zona hijau dari Kemensos. Dalam artian, Kaltara sangat tanggap terhadap bencana. “Kaltara, oleh Pemerintah Pusat diberi penilaian zona hijau. Itu diberikan, karena pemerintah pusat melihat daerah kita selalu cepat menanggapi bencana yang terjadi,” tutup Sugiono.

(humas)