Disdikbud Paparkan Program Sepanjang 2018

43
Tanjung Selor (kla.id) – Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memajukan kebudayaan, pada 2018 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara (Kaltara) telah melakukan dan menetapkan sejumlah kebijakan layanan, strategi, dan melaksanakan program strategis. “Disdikbud Kaltara memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan, untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang cerdas terampil, berakhlak mulia serta berdaya saing tinggi,” ungkap Kepala Disdikbud Kaltara Sigit Muryono saat melakukan jumpa pers di Jalan Sengkawit, Kamis, (27/12).

Didampingi unsur pejabat struktural di lingkungan Disdikbud Kaltara, Sigit mengungkapkan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan terdapat sejumlah langkah strategis yang telah dilakukan. Misal, melalui kebijakan layanan dan dua langkah strategis.

Saat ini, katanya terdapat 20 program pada bidang pembinaan dan ketenagaan yang dicapai oleh Disdikbud Kaltara. Diantaranya, layanan pendidikan dan tenaga kependidikan sebanyak 2.224 guru, 343 tenaga kependidikan, 91 orang kepala sekolah, dan 22 orang pengawas sekolah. “Selain itu, capaian layanan peningkatan kualifikasi mencapai 96 persen berkualifikasi minimal sarjana. Dari 2.115, baru ada 744 memiliki sertifikat profesi pendidikan sertifikasi guru atau pendidik. Dan, mereka berhak mendapat tunjangan profesi guru yang didapatkan setelah satu tahun diusulkan,” jelasnya.

Pada bidang pembinaan SMA, lanjutnya, pada tahun ini pengerjaan penambahan ruang kelas pada 6 sekolah di Kaltara terus dilakukan. Yakni SMA Negeri 1 Krayan, SMA Negeri 1 Krayan Selatan, SMA Negeri 1 Sebuku, SMA Negeri 15 Malinau, SMA Negeri 12 Malinau, dan SMA Negeri 3 Tarakan. “Kita juga banyak melakukan capaian pada bidang pembinaan SMK. Di antaranya penambahan ruang kelas sekolah sebanyak 6 unit, peningkatan dunia usaha dan dunia industri dan lainnya,” tutup Sigit.

(humas)