DP3AP2KB Kabupaten Bulungan Mengadakan Sosialisasi PUSPAGA, PATBM dan DEKELA di Kecamatan Tanjung Palas Tengah

296

Tanjung Selor (kla.id)- Bertempat di Balai Pertemuan Umum Desa Salim  Batu Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Pemerintah Kabupaten Bulungan  melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian  Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten (DP3AP2KB) melakukan Sosialisasi PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga). Selain itu, kegiatan ini juga dirangkai dengan sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan Desa/Kelurahan Layak Anak (DEKELA), Selasa (24/7).

Turut hadir dalam kegiatan ini Bapak Surang Kihin selaku Kasi Kesos Kecamatan Tanjung Palas Tengah beserta staf, Kepala Desa Salimbatu, Kepala Desa Silva Rahayu dan Kepala Desa Tanjung Buka, Forum Anak Daerah Kecamatan Tanjung Palas Tengah, PKK Desa Salim Batu, Kader Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Masyarakat sekitar.

Selaku narasumber dalam kegiatan ini adalah dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes selaku Kepala Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan dan Tri Endah Prasetyaningsih, M.Pd selaku Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bulungan. dr.Hj. Aryani Arsyad, M.Kes dalam pemberian materi PUSPAGA dan PATBM menjelaskan bahwa fungsi dari PUSPAGA adalah sebagai “one stop services atau layanan satu pintu keluarga berbasis anak”, selain itu fungsi lain dari PUSPAGA adalah Meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak serta terciptanya rujukan pengasuhan, pendidikan, kesehatan, perlindungan bagi anak dan orang tua / keluarga guna menunjang tumbuh kembang anak secara optimal, hal ini juga
berhubungan dengan prinsip dasar dari PATBM.

Selanjutnya Tri Endah Prasetyaningsih, M.Pd selaku narasumber DEKELA menjelaskan DEKELA merupakan pembangunan desa/kelurahan yang menyatukan komitmen dan sumberdaya pemerintah yang melibatkan  masyarakat dan dunia usaha yang berada di desa/kelurahan dalam rangka mempromosikan, melindungi, memenuhi dan menghormati hak-hak anak yang direncanakan secara sadar dan berkelanjutan. Setelah pemaparan dilakukan oleh kedua Narasumber, acara kemudain dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian acara di tutup dengan foto bersama.