ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0, PERAN GURU DI DOMPU TAK TERGANTIKAN

39

Dompu~NTB Kla.id, Pengelola PAUD Pasir Putih Kecamatan Hu’u ~ Dompu, Emi Sulani, S.Pd mengatakan, pada era Revolusi Industri 4.0 peran Guru tak tergantikan. Namun diperlukan Guru Profesional yang mampu memanfaatkan kemajuan Tekhnologi Informasi yang cepat.
“Guru harus bisa memanfaatkan itu untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap Satuan Pendidikan. Ini agar dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global,” kata Emi Sulani.

Emi Sulani mengatakan itu disela Kegiatan HUT Himpaudi Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019, di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dompu.

Lebih lanjut, dia menambahkan, meskipun Tekhnologi Informasi berkembang demikian cepat dan sumber~sumber belajar begitu mudah diperoleh, peran Guru sebagai Pendidik tidak tergantikan oleh kemajuan tekhnologi tersebut.
“Tugas utama Guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap Peserta Didik. Oleh sebab itu, Profesi Guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian,” jelas Emi Sulani.

Saat ini, kata dia, kurang bijak rasanya jika hanya menyalahkan dahsyatnya Perkembangan Tekhnologi Informasi. Kita juga harus mampu mengarahkannya menjadi potensi positif alih~alih terkena dampak negatifnya.
Terlebih pada 2019 ini, penetrasi Revolusi Industri 4.0 akan masuk semakin dalam ke berbagai sektor, termasuk Sektor Pendidikan. Oleh sebab itu, peningkatan profesionalisme Guru menjadi penting.

Ini karena hal tersebut merupakan salah satu syarat utama dalam perwujudan pendidikan berkualitas dan berkarakter serta menguasai kecakapan abad ke-21 yang dibutuhkan oleh setiap Peserta Didik.
“Oleh karena itu, marilah kita jadikan Hari Ulang Tahun Himpaudi Tingkat Kabupaten Dompu ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya serta mampu bersaing dalam kancah pergaulan global,” pesan Emi Sulani.

Peringatan HUT Himpaudi Tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2019 ini mengangkat tema “Meningkatkan Profesionalisme Guru/Tenaga Pendidik PAUD menuju Pendidikan Abad 21”. Tema tersebut dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad 21 semakin berat.
Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme, menyangkut sikap mental dan komitmen para Guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.   [Yd/DP3A Dpu]