FABS Maros Laksakana Festival dan Kongres Anak Tahun 2019

111

Maros (kla.id)

Forum Anak Buttasalewangang (FABS) Kabupaten Maros melaksanakan Festival dan Kongres Anak Tahun 2019 yang dilaksanakan di Gedung Serbaguan Kabupaten Maros, Jumat-Sabtu (3-4/5/2019) yang diikuti 24 perwakilan dari 14 kecamatan, 11 perwakilan OSIS SMP dan SMA/SMK serta pengurus Forum Anak Kabupaten.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros, Idrus yang menyampaikan bahwa peran forum anak sebagai Pelopor dan Pelapor akan berkontribusi dalam mewujudkan Kabupaten Maros sebagai Kabupaten Layak Anak.

Pembukaan oleh Kadis PPPA Maroa

Forum Anak terdiri dari perwakilan dari anak-anak yang aktif dalam organisasi, kelompok kegiatan atau sanggar-sanggar kegiatan seni budaya dan olahraga, atau minat anak lainnya. Pengurus Forum Anak berasal dari berbagai orgnisasi atau kelompok kegiatan anak seperti Osis SMP, Osis SMA, Osis Madrasah Tsanawiyah, Osis Madrasah Aliyah, Paskibraka, Pramuka, PIK Remaja, Palang Merah Remaja, Remaja Masjid, sanggar kegiatan anak, perkumpulan olahraga anak, dan kelompok lainnya, ujar Idrus.

Sebelum pelaksanaan Kongres peserta diberikan materi Konvensi Hak Anak oleh Nurfadilla Yani yang merupakan pendamping forum anak dan fasilitator Konvensi Hak Anak serta materi Peran Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor oleh Ketua Forum Anak Kabupaten Maros Ikhsan Irsyat.

Ketua Forum Anak Periode 2018 – 2019 menyerahkan pertanggung jawaban kepada pengurus baru

Pelaksanaan Kongres dan Festival Anak dimulai dengan penyampaian pertanggung jawaban pengurus periode Tahun 2018 – 2019 oleh Ketua Forum Anak Ikhsan Irsyat yang dilanjutkan dengan seleksi administrasi bagi yang mendaftar untuk mengikuti seleksi duta anak Kabupaten Maros yang akan mengikuti Forum Anak Nasional.

Malam hari dilaksanakan Tudang Sipulung bersama Ketua DPRD, Ketua APDESI dan Pimpinan Organisasi yang dilanjutkan dengan seleksi duta anak dengan penampilan bakat, wawancara terkait pengalaman organisasi, pemahaman atas hak anak dan komitmen atas tanggung jawab untuk menjadi duta anak Kabupaten Maros.

Pelaksanaan Kongres Anak dilanjutkan pada hari kedua, Sabtu (4/5/2019) yang dimulai dengan senam bersama kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Ketua Forum Anak dengan syarat  yang ditetapkan secara musyawarah yaitu berketuhanan yang maha esa, usia di bawah 18 tahun, berdomisili di Maros, telah menjadi pengurus minimal 2 tahun, bekerja secara sukarela, berakhlak mulia, mampu menuntun organisasi dengan baik, optimis, gigih, memiliki wawasan dan pengetahuan terkait permasalahan anak, mampu berkomunkasi dengan bahasa Indonesia yang baik, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, sehat jasmani dan rohani, berlaku adil, disiplin, bijaksana dan tidak otoriter, serta mempunyai rasa nasionalisme dan pancasilais. Pemilihan dilaksanakan secara voting dengan hak suara dari seluruh peserta dan terpilih Muhammad Wahyu Ramadhan yang mengungguli Khairul Umam.

Duta Anak Tahun 2019

Sebelumnya dipilih duta anak yang akan mengikuti seleksi di Forum Anak Provinsi untuk selanjutnya dipilih satu oarang untuk mengikuti Forum Anak Nasional yang dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Makassar. Duta anak yang terpilih adalah Ainun Mardiyah (SMP Negeri 1 Maros), Athifah Ansarullah (SMP Negeri 2 Maros), Zulkifly (SMA Negeri 1 Maros), Muhammad Maulana Ibrahim (SMA Negeri 3 Maros).