FAD Kabupaten Bulungan Audiensi ke Dinas Dispendikbud

102

Tanjung Selor (kla.id)- Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Bulungan didampingi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bulungan melaksanakan Audiensi bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud).
Audiensi ini langsung disambut oleh Bapak Yunus Luat, M.Pd selaku Sekretaris Dispendikbud Kabupaten Bulungan beserta pejabat dan staf terkait.
Audiensi ini bertujuan untuk memperkenalkan FAD Kabupaten Bulungan kepada Organisasi Pemerintah yang ada di Kabupaten Bulungan agar mereka dilibatkan dalam pemenuhan hak anak di bidang Pendidikan. Selain itu, digelarnya audiensi ini menjadi salah satu bagian dari aplikasi hak sipil dan kebebasaan anak yang diamanatkan dalam Konvensi Hak Anak dan untuk mewujudkan Kabupaten Bulungan menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) salah satu indikatornya adalah ketersedian ruang partisipasi anak dalam pembangunan.
Dalam sambutannya, Yunus Luat sangat mendukung dan menyambut baik dengan diadakannya audiensi ini dan siap bekerjasama dengan FAD dan Dinas DP3AP2KB) Kabupaten Bulungan dalam pemenuhan hak anak di bidang pendidikan.
Dalam audiensi ini juga membahas tentang pengemabngan sekolah ramah anak. Pengembangan sekolah ramah anak dimana fokus pilot seperti pengembangan zona penyeberangan anak yang aman di depan sekolah masing-masing, perbaikan fasilitas di sekolah seperti bangku dan meja, bebas kekerasan baik kekerasan dari guru maupun teman sekolah serta menghindari adanya kasus-kasus bullying. Selian itu, disekolah ramah anak juga disediakan ruang bimbingan konseling untuk anak yang sedang menghadapi masalah. Disediakan juga sudut bermain anak dan sudut baca bagi anak-anak pada waktu istirahat.

Audiensi yang bertempat di ruang pertemuan dinas Dispendikbud Kabupaten Bulungan berjalan apik, terlihat dari antusias dari FAD memberikan pertanyaan serta masukkan kepada Dispendikbud Kabupaten Bulungan.