FAD Panrita Lopi Bulukumba Ikuti Karnaval Festival Pinisi

65

Bulukumba, KLA.ID

Forum Anak Daerah (FAD) Panrita Lopi Bulukumba bersama jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bulukumba mengikuti Karnaval dalam rangka Festival Pinisi, Jum’at 14/9/2018.

Sambil berjalan, Anggota Forum Anak Bulukumba bersama jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak membentangkan spanduk bertuliskan kampanye three ends.
“Kami tidak hanya sekedar berjalan bersama ribuan peserta karnaval. Kami mengusung pesan untuk menghentikan kekerasan pada perempuan dan anak, hentikan perdagangan manusia, dan hentikan ketidakadilan akses ekonomi bagi perempuan,” kata Umrah Aswani Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba.
Karnaval dalam bentuk jalan kaki dari Islamic Center Dato’ Tiro ke Lapangan Pemuda Bulukumba itu, diikuti ribuan peserta yang menampilkan berbagai pakaian adat dan busana.


Selain menonjolkan pakaian adat dan aneka ragam model busana, para peserta juga memamerkan hasil komoditas pertanian dari berbagai wilayah di Kabupaten Bulukumba.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian Festival Pinisi tahun 2018 kali ini tetap menyuguhkan berbagai ragam budaya dari Bumi Panrita Lopi.
Dari jadwal yang diedarkan secara luas oleh pemerintah Kabupaten Bulukumba, prosesi adat seperti Annyorong Lopi, Attunu Panroli, Pabbitte Passapu, Samindara dan beberapa suguhan wisata lainnya akan memanjakan para penikmat wisata dari dalam maupun luar negeri.
Selain itu, kegiatan festival yang telah menjadi agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Bulukumba ini, juga memperkenalkan spot wisata alam Pantai Bira, Pantai Bara, Pantai Mandala Ria, Pantai Samboang, Pantai Marummasa, Tepian tebing Apparalang serta obyek wisata pegunungan Kahayya di Kecamatan Kindang yang terkenal dengan kopinya yang beraroma khas.
Tunggu apalagi? Ayo, ke Bulukumba. ( Muhajir Ganie)