FAN Suarakan Musrenbang Anak Hasil Inovasi Bantaeng Diterapkan Untuk Seluruh Indonesia

78
Puncak peringatan HAN 2018 di Kebun Raya Purwodadi, Jatim dihadiri oleh FABT dan seluruh Forum Anak Daerah (FAD) se-Indonesia.
FAN yang mewakili 34 FAD di Indonesia bacakan Suara Anak Indonesia tahun 2018 pada puncak HAN 2018 di Pasuruan (23/07/2018).

Surabaya, Senin (23/07/2018). Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018 yang dipusatkan di Surabaya sejak 19 Juli 2018 lalu, puncaknya hari ini, Senin (23/07/2018) dilaksanakan di Kebun Raya Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Beragam rangkaian acara mulai dari penampilan tari, permainan rakyat, senam hingga pembacaan suara anak, seluruhnya diperankan perwakilan anak dari seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia yang tergabung ke dalam Forum Anak Nasional (FAN).

“Suara Anak Indonesia Tahun 2018. Kami anak Indonesia menyatakan mendukung Pemerintah untuk membuat regulasi terkait Musrenbang Anak tingkat daerah dan merealisasikan hasil Musrenbang Anak tersebut.” Demikian satu dari sepuluh suara anak yang dibacakan perwakilan FAN di hadapan ribuan anak.

Sekedar diketahui bahwa Musrenbang Anak lahir diinisiasi Forum Anak Butta Toa (FABT), menjadi inovasi karena pertama dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bantaeng sejak tahun 2014. Tak hanya jadi seremonial belaka, namun membuahkan hasil nyata. Salah satu hasil Musrenbang Anak di Kabupaten Bantaeng yang direalisasikan Pemkab yakni pembuatan Taman Bermain dan Olahraga Anak di Pantai Seruni Bantaeng. Inovasi ini oleh FAN diharapkan dapat diterapkan seluruh daerah di Indonesia.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPA-RI), Yohana Yembise dalam sambutannya menyatakan, “Kita semua adalah satu di bawah Republik Indonesia. Dan anak-anak inilah yang akan membawa negara ini ke depan untuk tetap bersatu dan maju. Negara menjamin, kalin akan mendapat mimpi-mimpi kalian. Oleh karena itu negara menjaga tumbuh kembang anak dan hak-hak anak termasuk perlindungan khusus bagi anak.” tuturnya.

Tampak hadir Gubernur Jatim, Soekarwo dan sejumlah pejabat dari Kementerian terkait. Juga hadir Plt Kepala Dinas P3A Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel), Askari dan Kepala Dinas PMDPPPA Kabupaten Bantaeng, Provinsi SulSel Chaeruddin Arsyad yang didampingi Kepala Bidang PPPA, Syamsuniar Malik selaku ketua rombongan anak Bantaeng.

Puncak peringatan HAN tahun ini dijadwalkan akan berakhir Senin malam. Dimana akan diserahkan sejumlah penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi dan Forum Anak Daerah (FAD) berprestasi di bidangnya. Tepatnya di Singgasana Hotel Surabaya, Jatim. (AMBAE)