Fanbes Suarakan Mimpi Anak di Forum Musrenbang

186

Brebes (www.kla.or.id) Forum Anak Brebes (Fanbes) mengusulkan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, untuk menyediakan rumah aman bagi anak-anak korban kekerasan. Hal itu disampaikan Fanbes saat mengikuti kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Brebes, Rabu (22/3).

Delegasi Fanbes, Puput menyampaikan, keberadaan rumah aman bagi anak-anak korban kekerasan, sangat diperlukan untuk rehabilitasi. Khususnya kekerasan seksual yang sangat membutuhkan rehabilitasi guna menghilangkan trauma atau rasa takut apabila kembali ke lingkungan keluarga.

“Kami melihat banyak anak-anak yang mengalami kekerasan terutama kekerasan seksual mengalami trauma, takut dan tidak percaya diri ketika berinteraksi dengan dunia luar, bahkan banyak yang akhirnya berhenti sekolah,” katanya di forum Musrenbang yang digelar di ruang rapat paripurna gedung DPRD Brebes itu.

Menurut Puput, keberadaan rumah aman di kabupaten Brebes sangat diperlukan agar anak-anak yang mengalami trauma tersebut ada tempat untuk berlindung mendapatkan konseling atau bimbingan. Keberadaan rumah aman bagi anak tersebut cukup mendesak diadakan mengingat Kabupaten Brebes telah menyandang sebagai kabupaten layak anak.

“Sebagai kabupaten layak anak, berarti keberadaan rumah aman sangat perlu, sebagai bagian dari pemenuhan hak anak,” tandas Puput.

Sementara delegasi Fanbes lainnya, Ibnu pada forum itu menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Brebes yang telah merealisasikan suara anak Brebes, dengan dibangunnya beberapa taman bermain anak. Hanya saja, beberapa arena bermain anak itu digunakan oleh orang-orang tak bertanggungjawab untuk hal-hal negatif.

Mengatasi kondisi tersebut, Pemkab Brebes diminta untuk melengkapi sarana taman bermain itu dengan penerangan. Adanya lampu penerangan yang cukup diharapkan taman anak tidak digunakan lagi untuk kegiatan negatif.

“Adanya lampu penerangan dapat mencegah taman bermain digunakan untuk tempat perbuat negatif, terutama di malam hari,” kata Ibnu.

Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE yang hadir di forum Musrembang tersebut, menyambut baik permintaan dari Fanbes tersebut. Usulan Fanbes dinilai sangat mendukung terwujudnya Brebes sebagai kabupaten layak anak.

“Usulan dari perwakilan anak-anak ini sangat bagus, kami mendukung dan akan mewujudkannya,” katanya.

Kegiatan Musrenbang tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan penelitian dan pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Brebes itu, dikuti oleh ratusan peserta dari SKPD, perwakilan forum anak dan lembaga lainnya. Musrenbang diantaranya dimaksudkan sebagai klarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada Musrenbang di tingkat kecamatan. (2203ZM)