Festival Dolanan 2018

441

 

Brebes (kla.id) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak yang diwakili oleh Asdep Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan, Kreativitas Dan Budaya (Elvi Hendrani) menghadiri kegiatan Festival Dolanan Anak 2018 yang diadakan di Desa Plompong, Kabupaten Brebes. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Plompong, Babinsa, Kabid Dinas P3AKB, Sekcam Bumi Ayu, Perangkat Desa dan Masyarakat Desa Plompong.

Kegiatan ini diprakarsai, dibiayai dan dilaksanakan oleh Forum Anak Desa Plompong, mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan kegiatan. Tujuan dilaksnakannya kegiatan ini adalah mengembalikan budaya lokal agar anak tidak selalu bermain gadget. Mengingatkan juga pada generasi muda saat ini, bahwa permainan tradisonal tidak kalah menarik dan menyenangkan.

Ada 6 forum anak kecamatan yang mempresentasikan permainan tradisional anak seperti egrang, kiciran, jedogan dan lain-lain. Ada juga penampilan musik calung sewaktu menyambut tamu undangan datang.

Forum Anak Desa Plompong berharap dengan adanya acara Festival Dolanan ini dapat mengajak anak-anak untuk bermain kembali permainan tradisional, agar permainan tradisional tersebut dapat dilestarikan di era digital.