Forum Anak Bulukumba Seleksi Duta Anak

20

Bulukumba, KLA.ID
Forum Anak Daerah Panrita Lopi Bulukumba mulai melakukan tahapan awal seleksi untuk memilih  Duta Anak Bulukumba untuk berkompetisi bersama Duta Anak dari seluruh penjuru Nusantara mewakili anak-anak Kabupaten Bulukumba di tingkat Provinsi dan Nasional.
Menurut Panitia, kegiatan seleksi dimulai dari tahapan pendaftaran yang berlangsung dari tanggal 8 sampai 21 Januari tahun 2019, pembekalan tanggal 16 sampai 17 Februari 2019, karantina tanggal 22 sampai 23 Februari 2019, dan malam grand final dijadwalkan 23 Februari malam.
Menurut Panitia Seleksi, acara puncak Grand Final direncanakan di Hotel Agri Bulukumba, Sulawesi Selatan. Saat ini, Panitia telah melakukan sosialisasi di beberapa Sekolah

“Untuk kriteria penilaiannya kurang lebih sama tahun lalu. Kita seleksi para peserta melalui kemampuan menulis esai, tes tertulis, dan lain-lain,” kata Arham Nur Duta Anak Indonesia 2017 salah seorang panitia via WhatsApp, Selasa 8 Januari 2019.
Sementara itu, Andi Sri Wiranto salah seorang panitia mengatakan, tujuan kegiatan seleksi ini adalah, untuk mencari Duta Anak Bulukumba tahun 2019. Mereka yang terpilih akan mengabdi menyuarakan hak-hak anak Bulukumba. “Mereka pula yang akan berkompetisi di tingkat nasional,” Kata Andi Sri Wiranto seraya menambahkan bahwa anak-anak yang ikut dalam seleksi Duta Anak adalah siswa atau siswi SMP dan SMA se Kabupaten Bulukumba.
Menurut Panitia Seleksi Duta Anak Bulukumba, mereka yang kelak terpilih sebagai duta tahun ini, prosedurnya ketika gugur di empat besar, maka dia akan mendapat gelar Duta Anak Perdamaian, dan jika dia gugur tiga besar maka mendapat gelar Duta Anak Pembangunan Bulukumba. Selanjutnya Para pemenang mendapat Gelar Duta Anak Bulukumba 2019.
Selain kategori tersebut, panitia juga menetapkan kategori lainnya seperti, Duta Anak Berbakat, Duta Anak Favorit, Duta Anak Sosial Media dan Duta Anak Persahabatan.
“Mereka nanti memperebutkan Medali FANLOP, Trophy, Seritifikat, Selempang Duta Anak, Mahkota, Tongkat Jabatan, Voucer, Potongan Bimbel dan Bingkisan menarik dari panitia,” beber Andi Sri Wiranto. (Naskah berita Muhajir-Foto Riswandy)