FORUM ANAK DOMPU DALAM BAKTI SOSIAL “DONASI BUKU UNTUK SAHABAT”

36


Dompu~NTB Kla.id, Ilmu adalah pelita kehidupan. Pepatah ini mungkin ada benarnya. Tanpa ilmu, seseorang akan mengalami kesulitan dalam mengarungi kehidupan di dunia ini. Sekecil apa pun ilmu yang dibutuhkan, tidak dapat dilepaskan. Terlebih-lebih di zaman millenium, yang segala sesuatunya didasarkan pada sains atau ilmu pengetahuan. Maka, ilmu menjadi sesuatu yang wajib dimiliki semua orang.

Salah satu sumber ilmu adalah buku. Ungkapan lama ini masih tetap dapat dipegang kebenarannya, meski saat ini berkembang beragam jenis media untuk mendapatkan pengetahuan (informasi), seperti televisi dan internet. Maka tidaklah salah jika buku tetap menjadi media nomor satu yang dijadikan jendela dunia pengetahuan, dan satu-satunya cara mengetahui isi buku hanya dengan membacanya.
Seperti kita ketahui, di Indonesia menghadapi masalah rendahnya tingkat literasi. Salah satu indikator adalah rendahnya minat baca masyarakat. Hal ini terlihat dari data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (2009). Orang lebih memilih menonton TV (85.9%) dan atau mendengarkan Radio (40.3%) daripada membaca Koran (23.5%).

Berawal dari keprihatinan melihat anak-anak kecil dilingkungan sekitar kami Forum Anak Dompu yang nyaris tidak pernah membaca buku di luar buku sekolah bahkan juga tidak pernah membaca buku karena ekonomi yang rendah/putus sekolah, maka kami Forum Anak Dompu berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan anak-anak dan remaja dari para Pemberi Donasi baik teman sebaya, teman dalam media sosial dan lain sebagainya.
Apabila buku telah terkumpul, maka kami Forum Anak Dompu akan menyalurkan/mendonasikan kembali ke rumah-rumah baca atau Organisasi Sosial yang menaungi anak yang putus sekolah, ekonomi rendah dan yatim piatu. Sehingga buku yang tadinya tersimpan sia-sia dirumah, dapat bermanfaat bagi anak-anak yang membutuhkan sebagai bekal masa depannya dan sumber ilmu pengetahuan.

Forum Anak Dompu dalam melaksanakan Kegiatan Bakti Sosial “Donasi Buku Untuk Sahabat” memilik maksud dan tujuan berikut ; (1) menumbuhkan rasa kepedulian Anggota Forum Anak Dompu terhadap sesama; (2) meningkatkan rasa kegotong royongan Anggota Forum Anak Dompu melalui Bakti Sosial; (3) menambah wawasan dan pengetahuan sosial Anggota Forum Anak Dompu; (4) membantu pembentukan sikap dan kepribadian seseorang (Pendidikan Karakter) Anggota Forum Anak Dompu; (5) memberikan anak-anak dan remaja kegiatan yang bermutu melalui membaca dan menulis (agar anak-anak dapat membuka cakrawala dunia melalui membaca); dan (6) menumbuhkan kesadaran anak-anak dan masyarakat akan arti pentingnya membaca.

Sedangkan manfaat yang dapat dipetik dari Kegiatan Donasi Buku untuk Sahabat yakni; a) minat baca anak-anak dan masyarakat mulai meningkat; b) kesadaran anak-anak dan masyaakat mengenai pentingnya membaca sudah mulai dirasakan; c) tercipta generasi penerus bangsa yang cerdas, berintegritas, berpengetahuan luas dan mampu bersaing; d) membaca menjadi hobby utama anak-anak dan masyarakat; e) Anggota Forum Anak Dompu mampu mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang didapat untuk kepentingan masyarakat secara langsung; dan f) masyarakat mampu mengupayakan peningkatan kualitas minat baca di lingkungannya.

Kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) dengan tajuk “Donasi Buku Untuk Sahabat” merupakan kegiatan inovasi dan kreatif oleh Forum Anak Dompu. Kegiatan Bakti Sosial dilaksanakan serempak oleh Forum Anak se-Kabupaten Dompu dengan jenis kegiatan yang berbeda-beda. Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Forum Anak Dompu terhadap rendahnya Minat Baca di Kabupaten Dompu.
Tempat pelaksanaan kegiatan yaitu Organisasi/Lembaga We SAVE yang merupakan salah satu Organisasi osial di Kabupaten Dompu yang juga memiliki kepedulian yang besar atas Minat Baca di Kabupaten Dompu. Organisasi We SAVE menaungi anak-anak yang memiliki minat baca yang tinggi, anak yang berkekurangan dalam hal ekonomi, anak yatim piatu dan sebagainya. Kegiatan kami selama mengunjungi Sekretariat Organisasi We SAVE ini yang utama adalah pemberian donasi buku, buku yang di berikan bermacam-macam genre baik genre animasi, komik, pengetahuan umum sampai buku pelajaran. Setelah kami Forum Anak Dompu melakukan donasi buku, kami melanjutkan dengan kegiatan Belajar Mengajar (Membaca, Menulis dan Menghitung) dan diselingi dengan mendongeng Cerita Rakyat Kabupaten Dompu serta melakukan sedikit Sosialisasi mengenai  hak-hak anak dan pentingnya membaca buku.
Kegiatan donasi buku ini disambut hangat dan diapresiasi oleh Pengurus Organisasi, anak-anak dan masyarakat setempat sehingga diharapkan Forum Anak Dompu memiliki kegiatan-kegiatan yang lebih inovasi lagi demi terpenuhinya hak-hak anak dan berkurangnya penyimpangan-penyimpangan yang terjadi.

Hasil dari kegiatan Donasi Buku Untuk Sahabat adalah tumbuhnya kesadaran, rasa kepedulian dan rasa moralitas serta gotong royong Anggota Forum Anak Dompu akan pentingnya menjadi pelopor dan pelapor dalam peningkatan minat baca, kemudian bertambahnya wawasan dan pengetahuan sosial Anggota Forum Anak Dompu dan masyarakat. Selain dari hasil yang tercipta dari dalam Anggota Forum Anak Dompu, tentunya sangat besar pula yang dihasilkan dalam lingkungan/tempat diselenggarakannya Bakti Sosial tersebut yaitu anak-anak lebih sadar bahwa membaca buku itu sangat penting dan mempengaruhi masa depan mereka karena buku ialah jendela dunia, juga anak-anak jadi lebih paham bahwa dengan membaca buku, mereka akan lebih berkembang dan menguasai perkembangan dunia khususnya di zaman yang modern ini.

Kegiatan Bakti Sosial harus terus dilestarikan karena membawa banyak dampak positif dan perubahan yang berarti, mengingat Minat Baca di Kabupaten Dompu yang masih minim dan rendah, yang sebenarnya perlu ditanamkan pemikiran yang canggih dan maju bahwa buku adalah jendela dunia dan sumber ilmu pengetahuan terlebih lagi dalam menghadapi zaman yang semakin berteknologi canggih dan persaingan global serta ekonomi saat ini.
Kegiatan Bakti Sosial dengan tajuk Donasi Buku Untuk Sahabat ini diharapkan mampu membuka mata hati masyarakat dalam terciptanya kesadaran masing-masing akan meningkatkan minat baca. Terkhusus anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa, harus dikembangkan dan ditingkatkan pemahaman pengetahuannya. Dengan memiliki minat baca yang tinggi, generasi penerus bangsa pasti akan siap bersaing dengan global dan dapat menghancurkan atau melepaskan julukan bangsa bobrok oleh Negara-Negara Asing. Peningkatan minat baca harus ditingkatkan dari diri sendiri sampai ke orang lain.

Kami Forum Anak Dompu mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dan semua pihak yang telah membantu dalam keberhasilkan dan penyuksesan pelaksanaan kegiatan ini. Jika ada kekurangan dalam kegiatan ini mohon dimaafkan, saran yang membangun sangat kami harapkan demi perbaikan di kegiatan selanjutnya.    [Yuan/FA Dpu]