FORUM ANAK DOMPU DALAM SOSIALISASI CEGAH HIV/AIDS

32

Dompu~NTB Kla.id, Melihat permasalahan Kasus HIV dan AIDS yang terus meningkat dan penyebarannya yang cepat dibutuhkan program yang dapat membantu menurunkan Angka Kasus HIV/AIDS. Strategi yang efektif untuk memfasilitasi perubahan perilaku untuk pencegahan HIV dan mengurangi perilaku berisiko salah satunya melalui penyuluhan langsung pada kelompok remaja.
Penyebab meningkatnya prevalensi HIV/AIDS karena kurangnya pemahaman tentang HIVAIDS dan VCT terutama bagi orang risiko tinggi (Purwaningsih, 2011).

Pengetahuan tentang infeksi HIV/AIDS harus disosialisasikan kepada masyarakat dan lingkngan remaja. Dalam mengembangkan Tingkat Pengetahuan mengenai Penyakit Infeksi HIV/AIDS, sebelumnya sangat perlu memahami berbagai konsep dan teori sehubungan dengan munculnya Penyakit Infeksi HIV/AIDS tersebut. Mengkaji perkembangan Penyakit Infeksi HIV/AIDS berarti mendalami karakteristik penyakit tersebut secara sistematik, radikal, dan universal.
Tingkat pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS serta cara penularannya menjadi salah satu faktor penting pendukung sikap dan tindakan masyarakat terhadap pencegahan Penyakit HIV/AIDS. Saat ini, seluruh remaja tanpa melihat resiko harus belajar untuk melindungi diri sendiri terhadap Infeksi HIV/AIDS dengan mencegah atau mengubah perilaku yang berhubungan dengan resiko HIV.

Melihat dari latar belakang dan paparan masalah diatas, maka digaungkan Program Inovasi terbaru oleh Forum Anak Dompu yang dirangkaikan dalam kegiatan “Forum Anak Dompu Goes To School” yang merupakan Sosialisasi Penyuluhan kepada Remaja dan Anak~anak disekolah dalam rangka perubahan perilaku seks agar remaja mampu melindungi diri sendiri terhadap Infeksi HIV/AIDS.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan Sosialisasi Cegah HIV/AIDS adalah : (a) Menumbuhkan rasa kepedulian Anggota Forum Anak Dompu terhadap sesama; (b) Meningkatkan rasa kegotong royongan Anggota Forum Anak Dompu; (c) Menambah wawasan dan pengetahuan sosial Anggota Forum Anak Dompu; (d) Membantu pembentukan sikap dan kepribadian (Pendidikan Karakter) Anggota Forum Anak Dompu; (e) Pengurangan Angka Seks Bebas di Kabupaten Dompu; dan (f) Mengedukasi Pelajar mengenai HIV/AIDS.

Sedang manfaat yang di dapatkan dari kegiatan Sosialisasi Cegah HIV/AIDS yakni : Remaja / Anak~Anak Peserta Sosialisasi dapat mengetahui tentang informasi yang jelas dan terarah mengenai HIV/AIDS; dan Pelajar enggan melakukan Seks Bebas.

Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi HIV/AIDS dalam rangkaian Program FORUM ANAK DOMPU GOES TO SCHOOL telah diselenggarakan di SMP Negeri 1 Dompu dengan melibatkan sekitar 50 Siswa. Kegian ini disambut hangat dan diapresiasi oleh Warga Sekolah sehingga diharapkan Forum Anak Dompu memiliki kegiatan~kegiatan yang lebih Inovasi lagi demi terpenuhinya Hak~Hak Anak dan berkurangnya penyimpangan~penyimpangan yang terjadi.

Hasil dari Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi HIV/AIDS dalam rangkaian Program FORUM ANAK DOMPU GOES TO SCHOOL adalah tumbuhnya kesadaran, rasa kepedulian dan rasa moralitas serta gotong royong dari Forum Anak Dompu dan seluruh Elemen yang ada mengenai Pencegahan HIV/AIDS sedini mungkin.

Kegiatan Sosialisasi HIV/AIDS dalam rangkaian Program FORUM ANAK DOMPU GOES TO SCHOOL diharapkan mampu membuka mata hati siswa dalam menciptakan kesadaran masing~masing akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi dan menjadi pelopor dan pelapor bagi lingkungan sekitarnya.

Semua Elemen harus sadar akan Bahaya HIV/AIDS dan harus menjadi Pelopor dan Pelapor bagi lingkungan sekitarnya.      [Yuan/FA Dpu]