FORUM ANAK DOMPU Dalam Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

42

“Harus adanya kesadaran Seluruh Waga Sekolah, terkhusus Stakeholders dalam menerapkan Kebijakan dan Aturan di Sekolah, sehingga tidak merugikan Siswa yang merupakan Anak~Anak yang memiliki Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara”

Dompu~NTB Kla.id, Sekolah Ramah Anak adalah Satuan Pendidikan Formal, Non Formal dan In Formal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak~hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanismepengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di Bidang Pendidikan.

Dalam usaha mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA) perlu didukung oleh berbagai Pihak antara lain keluarga dan masyarakat yang sebenarnya merupakan Pusat Pendidikan Terdekat Anak.
Lingkungan yang mendukung, melindungi memberi rasa aman dan nyaman bagi anak akan sangat membantu proses mencari jati diri. Kebiasaan anak memiliki kencenderungan meniru, mencoba dan mencari pengakuan akan eksistensinya pada lingkungan tempat mereka tinggal.

Sekolah harus menciptakan suasana yang kondusif agar anak merasa nyaman dan dapat mengeeksoresikan potensinya, agar susana kondusif tersebut tercipta maka ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, terutama (1) Program Sekolah yang sesuai; (2) Lingkungan Sekolah yang mendukung; dan (3) Aspek Sarana~Prasarana yang memadai.

Berdasarkan hal tersebut Forum Anak Dompu melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak dengan Sekolah sasaran (1) SMPN 2 Dompu; (2) SMAN 2 Dompu; (3) SMAN 3 Dompu; (4) MAN 1 Dompu; dan (5) MTsN 1 Dompu dengan Jumlah Peserta Sosilisasi sebanyak 50 Orang.
Sosilisasi Sekolah Ramah Anak bertujuan untuk menyamakan visi dan misi dalam tahapan pembentukan Sekolah Ramah Anak (SRA) guna menciptakan ruang bagi anak untuk berpartisipasi, terutama dalam perencanaan kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan di Lingkungan Sekolah sesuai dengan usia dan tingkat kematangan anak.

Dalam upaya melindungi dari kekerasan, Program Sekolah Ramah Anak secara khusus berupaya mencegah kekerasan pada anak di sekolah. Aksebilitas di sekolah lebih mudah dibandingkan di rumah, untuk itu sekolah mempunyai peran strategis dalam mencegah kekerasan terhadap anak.
Untuk itu Guru~Guru perlu mengetahui tentang pencegahan kekerasan, termasuk cara alternatif dalam mendidik dan mendisiplinkan anak.

Diharapkan dengan sosialisasi ini dapat membangun kesadaran bahwa Sekolah Ramah Anak (SRA) adalah bagian penting dan tidak terpisahkan dalam Perkembangan Kabupaten Dompu menuju Kabupaten yang Layak Anak demi mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA).

Maksud dan Tujuan dari Kegiatan Sosialisasi ini adalah ;
1) Menumbuhkan rasa kepedulian Anggota Forum Anak Dompu terhadap sesama
2) Meningkatkan rasa kegotong royongan Anggota Forum Anak Dompu
3) Menambahkan wawasan dan pengetahuan sosial Anggota Forum Anak Dompu
4) Membantu pembentukan sikap dan kepribadian (Pendidikan Karakter) Anggota Forum Anak Dompu
5) Pengenalan Forum Anak Dompu
6) Pengenalan Program Sekolah Ramah Anak (SRA)
7) Perluasan cakupan Sekolah Ramah Anak (SRA)
8) Timbulnya semangat dalam menciptakan Sekolah Ramah Anak (SRA)

Adapun manfaat yang didapat dari kegiatan sosialisasi dimaksud adalah (1) Remaja/Anak~Anak Peserta Sosialisasi dapat mengetahui informasi yang jelas mengenai Sekolah Ramah Anak (SRA); dan (2) Tumbuhnya semangat Anak~Anak selaku Siswa dalam menciptakan Lingkungan Sekolahnya ang ramah anak

Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Sekolah Ramah Anak diharapkan bisa membawa perubahan dan semangat baru bagi siswa/siswi dalam memberantas keekrasan di sekolah, sehingga dapat mewujudkan Sekolah Ramah Anak (SRA).
Sosialisasi Sekolah Ramah Anak, secara tidak langsung memberikan dorongan kepada seluruh siswa/siswi dalam penanggulangan dan pengurangan Isu Anak di Kabupaten Dompu. [Yuan/FA Dpu]