FORUM ANAK DOMPU GOES TO SCHOOL : “SOSIALISASI BAHAYA ROKOK”

93

Dompu~NTB Kla.id, Sangat ironis memang bahwa manusia sangat memperhatikan keseimbangan alam akibat proses pembakaran bahan bakar oleh industri yang mengeluarkan polusi tetapi dilain pihak orang~orang dengan sengaja mengalirkan gas produksi pembakaran rokok ke paru~paru mereka.

Sebenarnya seorang pelajar belum boleh merokok di kalangan sekolah, masyarakat atau kalangan yang lainnya. Karena hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatannya, sekolahnya dan lain-lain. Kebiasanya hal ini di lakukan oleh para pelajar karena kondisi emosi mereka yang tidak stabil memebuat mereka melakukan segalah hal untuk melampiaskan esmosinya. Populasi merokok pada usia dini sangatlah tinggi. Hal ini di sebabakan karena kurangnya penyuluhan tentang bahaya rokok di kalangan sekolah atau masyarakat atau mungkin juga kurangnya kesadaran pada diri mereka sehingga mereka tidak memperhatikan bahayanya dan juga nanti kedepannya.
Rokok merupakan salah satu zat aditif yang bila digunakan mengakibatkan bahaya kesehatan bagi diri sendiri maupun masyarakat, oleh karena itu diperlukan berbagai kegiatan pengamanan rokok bagi kesehatan. Rokok adalah hasil olahan tembakau terbungkus termasuk cerutu atau bentuk lainnya yang mengandung “nikotin” dan “tar” dengan atau tanpa bahan tambahan.

Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen~elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Racun utama bagi rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.
Melihat dari latar belakang dan paparan masalah tersebut, maka digaungkan program Inovasi terbaru oleh Forum Anak Dompu yang dirangkaikan dalam kegiatan “Forum Anak Dompu Goes To School” yang merupakan sosialisasi penyuluhan kepada remaja dan anak~anak di sekolah dalam rangka penyadaran akan bahaya rokok.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah (1) Menumbuhkan rasa kepedulian anggota Forum Anak Dompu terhadap sesama; (2) Meningkatkan rasa kegotong royongan anggota Forum Anak DompU; (3) Menambah wawasan dan pengetahuan sosial anggota Forum Anak Dompu; (4) Membantu pembentukan sikap dan kepribadian (Pendidikan Karakter) anggota Forum Anak Dompu; (5) Pengurangan angka perokok anak Di Kabupaten Dompu; (6) Mengedukasi Pelajar mengenai Bahaya merokok; (7) Mengetahui tujuan para sisiwa mengapa mereka lebih senang membeli rokok dari pada membeli barang yang lebih penting; (8) Untuk mengurungkan niat para pelajar supaya tidak mengkonsumsi rokok; dan (9) Agar para pelajar yang perokok aktif dapat mengurangi rokoknya, atau bahkan berhenti merokok.

Sedangkan Manfaat yang di dapatkan dari kegiatan tersebut adalah (a) Remaja/Anak-anak peserta sosialisasi dapat mengetahui tentang informasi yang jelas dan terarah mengenai bahaya rokok; dan (b) Pelajar dapat berhenti merokok.

Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi bahaya rokok dalam rangkaian program FORUM ANAK DOMPU GOES TO SCHOOL telah diselenggarakan di SMPN 1 Woja melibatkan sekitar 50 Siswa. Kegian ini disambut hangat dan diapresiasi oleh Warga sekolah sehingga diharapkan Forum Anak Dompu memiliki kegiatan~kegiatan yang lebih inovasi lagi demi terpenuhinya hak~hak anak dan berkurangnya penyimpangan~penyimpangan yang terjadi.

Hasil dari Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Bahaya Merokok dalam rangkaian program FORUM ANAK DOMPU GOES TO SCHOOL adalah tumbuhnya kesadaran, rasa kepedulian dan rasa moralitas serta gotong royong dari Forum Anak Dompu dan seluruh elemen yang ada mengenai pencegahan tindakan Merokok sedini mungkin.

Kegiatan Sosialisasi Bahaya Rokok dalam rangkaian program FORUM ANAK DOMPU GOES TO SCHOOL diharapkan mampu membuka mata hati siswa dalam terciptanya kesadaran masing~masing bahwa merokok sangat membahayakan kesehatan dan kondisi tubuh.
Semua elemen harus sadar akan bahaya merokok dan harus menjadi Pelopor dan Pelapor bagi lingkungan sekitarnya.  [Yuan/FAD Dpu]