Forum Anak Malangke Siap jadi Agen 2P

244

Luwu Utara (Kla.id)

Acara Pembukaan Pelatihan FA Malangke sebagai Agen 2P

Hari Sabtu bagi mereka (Forum Anak) bukanlah weekend day, namun hari sabtu mereka menjadikan ekstrakurikuler, tepatnya Sabtu tanggal 20 Oktober 2018 di SMP Negeri 2 Kecamatan Malangke telah dilaksanakan pelatihan Forum Anak sebagai Agen Pelopor dan Pelapor (2P). kegiatan ini merupakan Program Pengembangan Unggulan Sekolah bagi SMPN 2 Kecamatan Malangke yang merupakan salah satu sekolah Rujukan di Kabupaten Luwu Utara.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Luwu Utara H. Jasrum, mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar peserta pelatihan ini nantinya menjadi agen Pelapor dan Pelapor yang terlibat Aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang ikut terlibat melakukan perubahan yang lebih baik lagi serta aktif sebagai Pelapor dalam menyampaikan pendapat/pandangan ketika mengalami atau melihat, dan merasakan tidak terpenuhinya hak perlindungan anak di sekitar, ungkapnya.

Sambutan kadisdik sekaligus membuka kegiatan secara resmi

Kegiatan yang dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Luwu Utara dr. Hj. Nurhusnah, M.Kes, dalam sambutannya mengatakan bahwa ada 4 permasalahan anak yang menjadi prioritas yang sedang dilakukan oleh Forum anak, sehingga dirasa perlu adanya dukungan pemerintah dalam hal ini adalah dengan dimasukannya kedalam 4 isu Pelopor dan Pelapor Forum Anak yaitu 1, Jauhkan Anak dari Paparan dan Iklan Rokok (isu Rokok), 2. Menjadikan Internet Sahabat Anak (isu Internet), 3. Stop Pernikahan Usia Anak dan 4. Menjaga Lingkungan dimulai dari diri sendiri (Perubahan Iklim), pungkasnya.

Sambutan Kepala Dinas P2PA Kab. Luwu Utara

Dalam acar pembukaan pelatihan Forum Anak sebagai Agen 2P ini turut hadir pula beberapa Pejabat diantaranya Camat Malangke, Kapolsek Malangke, Wakil Ketua DPRD Kab. Luwu Utara selaku Ketua Komite SMPN 2 Malangke, Kepala Desa Tolada, Karang Taruna serta para pendamping siswa dari sekolah imbas, dengan peserta pelatihan sebanyak 55 orang yang berasal dari Siswa/Siswi SMPN se Kecamatan Malangke.

Adapun sebagai Fasilitator pada kegiatan ini adalah Muhammad Hidayat, Farhan, Lutfi Prastiwi dan Jurana, mereka Forum Anak Kabupaten Luwu Utara yang terlatih dengan menyajikan materi diantaranya yaitu 1. Menghargai Keberagaman, 2. Komunikasi Anak, dan 3. Materi Humas. Dengan harapan mereka (FALUTRA) bahwa nantinya teman-teman bisa dan aktif sebagai agen pelapor dan pelapor saat usai pelatihan ini.

@Nhan_nik