Forum Anak Maros Mengikuti Musrenbang Kecamatan

507

Maros (kla.id) Pemerintah Kabupaten Maros mulai menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tahun 2018. Untuk kecamatan pertama, Musrenbang digelar di Kecamatan Mallawa pada Kamis (1/2/2017).

Musrenbang ini resmi dibuka oleh Bupati Maros Hatta Rahman bersama Wakil Bupati Maros Andi Harmil Mattotorang, Sekda Maros Baharuddin dan Ketua DPRD Maros Chaidir Syam.

Hatta Rahman menyebutkan, dipilihnya Mallawa sebagai kecamatan pertama Musrenbang karena kita ingin menuntaskan pembangunan di kecamatan ini. Ia berharap Mallawa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bone dapat sejajar dengan kecamatan lain, tidak hanya dalam hal pembangunan tapi juga kesejahteraan masyarakatnya.

Sementara Ketua DPRD dalam penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD menyampaikan bahwa proses pembangunan di mulai dari perencanaan dan Musrenbang adalah mekanisme yang wajib untuk dilaksanakan. Chaidir juga mengapresiasi kehadiran forum anak dan disabilitas dalam Musrenbang yang diharapkan dapat memberi kesempatan untuk memasukkan usulan sesuai kebutuhan mereka.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Maros Idrus hadir dalam Musrenbang dan ikut dalam diskusi kelompok serta mendampingi forum anak untuk terlibat dalam diskusi dan memasukkan usulan.

“Keterlibatan Forum Anak akan dapat mengakomodir usulan untuk pemenuhan hak anak khususnya dalam mendukung minat dan bakat seperti sarana olahraga, seni, budaya, perpustakaan dan kebutuhan anak lainnya sesuai kondisi dan minat anak, dan diharapkan akan mendorong pemanfaatan waktu luang anak kepada kegiatan positif yg bisa mengembangkan bakat dan prestasi anak”, ujarnya.

Musrenbang akan berlangsung mulai tanggal 1/2/2018 sampai dengan 13/2/2018 di 14 Kecamatan dan Forum Anak akan terlibat dalam Musrenbang Kecamatan sampai Musrenbang Kabupaten sebagai wujud partisiapsi anak dalam pembangunan.