Forum Anak Maros Sosialisasi Makanan Sehat

525

Maros (kla.id)

Merujuk pada program Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dalam mewujudkan Program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) untuk menuju Indonesia sehat, pengurus Forum Anak Sulawesi Selatan (FASS) bekerjasama dengan Forum Anak Butta Salewangan (FABS) Kab.Maros melaksanakan kegiatan “SOMAI” (Sosialisasi Makanan Sehat dan Bergizi) di SMP Negeri 1 Turikale pada hari Jum’at, 17/11/2017.

Konsep dari kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Maros terutama pada anak – anak untuk pandai memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi.  Selain itu dibagikan roti dan susu gratis kepada para peserta diikuti oleh 132 orang siswa SMPN 1 Turikale sebagai bentuk atau usaha dalam mewujudkan anak sehat.

Pembicara dalam kegiatan ini yaitu Nurfadillah Yani sebagai pendamping Forum Anak yang membawakan materi KHA serta makanan sehat dan bergizi dan pembicara kedua yaitu Ahmad Takbir Abadi sebagai Ketua FABS yang membawakan materi tentang masalah anak di pandu langsung oleh moderator Rahmat Arbain.

Kegiatan ini merupakan program kerja dari Forum Anak Sulawesi selatan yang bekerjasama dengan Forum Anak Buttasalewangang Kabupaten Maros.

Pengurus Forum Anak Sulawesi Selatan  Ikhsan Irsyat yang menjabat sebagai Koordinator Wilayah Maros, Makassar, Gowa, Takalar sangat mengapresiasi terobosan dari anak-anak Maros yang pandai melihat program pemerintah yaitu Menuju Indonesia Sehat. Menurutnya hal ini merupakan sinergi antara anak dan pemerintah yang harus dipertahankan.

Ketua FABS  Takbir mengajak semua masyarakat Sulawesi Selatan pada umumnya dan masyarakat Kab. Maros pada khususnya untuk bersama-sama mensukseskan gerakan masyarakat sehat demi terwujudnya Indonesia yang sehat.

Kepala SMPN 1 Turikale, H. Andi Anshar, mengatakan sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat menambah khazanah pengetahuan anak-anak, seperti kegiatan sosialisasi seperti ini.

Mewakili pihak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. Maros, Hj. Nurani selaku Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak yang turut membantu dalam proses perencanaan hingga kegiatan, mengaku bangga dengan apa yang dilakukan oleh pengurus FABS. Beliau menambahkan, bahwa pengurus FABS benar-benar mampu menjalankan apa yang menjadi tugas mereka sebagai pengurus forum anak terkhusus menjadi pelopor bagi hal-hal positif khususnya kesehatan kepada sesama putra-putri Butta Salewangang Maros.

Kegiatan ini di dukung langsung oleh
Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kab.Maros, Lembaga Perlindungan Anak (LPA)  Kab.Maros dan Rumah Aspirasi TA  ” Tempat Anak Bersuara lewat sajak & nyanyian.”

Penulis : Nurhasriah Wanda Haris
(Rilis) – Pengurus Forum Anak Kab. Maros