Forum Anak Sintang sambut Sintang menuju Kabupaten Layak Anak

226

Forum Anak Kab. Sintang Bertemu dengan Usman Basuni, Asisten Deputi Partisipasi, KPPPA
Sintang – Forum Anak Kabupaten Sintang menyambut gembira ditunjuknya Sintang menjadi percontohan Kabupaten Layak Anak (KLA). Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum Anak Sintang saat berdiskusi dengan Tim Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP PA) di Gedung CU KK Sintang (14/9).
Pengurus Forum Anak Kabupaten Sintang, mereka menyebutnya parlemen anak, terlihat bersemangat dengan wajah yang penuh optimisme mengajukan berbagai pertanyaan seputar kebijakan pemerintah di bidang partisipasi anak. Dari diskusi sekitar 1,5 jam tersebut diketahui bahwa parlemen anak sintang merupakan perwakilan dari anak-anak berbasis sekolahan atau osis. Hal ini sedikit berbeda dengan forum anak yang berbasis wilayah, kelurahan dan kecamatan, namun demikian perbedaan tersebut tidak menjadi kendala dalam melakukan kegiatan partisipasi anak. Anak-anak jug amengharapkan suara mereka lebih didengar oleh pemerintah dan hal itu disambut baik oleh Kepala Bapeda Kab. Sintang yang menjanjikan akan mengundang Forum Anak dalam Pembahasan program dan kegiatan pembangunan terkait anak di Kab. Sintang.
Forum Anak Kabupaten Sintang
Usman Basuni, Asisten Deputi Bidang Partisipasi, Deputi Tumbuh Kembang, KPP PA berharap Forum Anak Sintang ambil bagian di setiap tahapan proses pengembangan Sintang menuju Kabupaten Layak Anak. Karena, keterlibatan forum anak menjadi salah satu prasyarat pengembangan kabupaten/kota layak anak. “kabupaten layak anak menjadi batal bila tidak ada partisipasi anak di dalamnya”, tegas Basuni.

Forum Anak Kabupaten Sintang dan Tim KLA