FORUM ANAK SUMBAR

615

Sumbar, KLA.org – Forum Anak Daerah Sumatera Barat (FORDA Sumbar) adalah sebuah wadah dimana di dalamnya terdapat anak-anak perwakilan darikabupaten/kota se-Seumatera Barat. Forum ini berisikan anak-anak berusia 10-18 tahun yang dipilih secara demokratis melalui sebuah kegiatan bersama anak-anak.
Pendirian forum ini tidak terlepas dari usaha Biro Pemberdayaan Perempuan, Sekretariat Daerah Sumbar dan Lembaga

Perlindungan Anak dalam rangka mengimplementasikan hak partisipasi anak, khususnya di Propinsi Sumatera Barat.

Forum ini didirikan melalui SK Gubernur Sumbar No. 260-317-2007 dan telah dikukuhkan secara resmi pada puncak peringatan Hari Anak Nasional Sumbar, 23 Agustus 2007.

Wadah ini adalah milik seluruh anak-anak Sumbar dan memiliki tugas dan fungsi antara lain:

Tugas:
Melakukan promosi dan penyebarluaskan informasi mengenai hak-hak anak kepada seluruh komponen masyarakat.
Sebagai mitra dialog yang berkaitan dengan hak-hak anak bagi seluruh stakeholder terkait, media massa, LSM, dunia usaha, dll. Bekerjasama dengan berbagai mitra terkait dalam menginformasikan kasus kekerasan dan pelanggaran hak anak.

Fungsi :
Menampung dan menyalurkan aspirasi, ide, dan gagasan anak-anak Sumatera Barat yang berkaitan dengan kelangsungan hidup anak. Menjadi perwakilan anak bagi kabupaten/kota masing-masing dalam menyuarakan kepentingan anak.

Untuk mencapai implementasi hak partisipasi anak yang maksimal serta mendukung berbagai kegiatan yang dikembangkan oleh Forum Anak Daerah Sumbar ini kedepan. maka perlu sekali dukungan dari berbagai pihak terutama dari pemerintah. Dukungan tersebut dapat diwujukan dalam bentuk dana, kebijakan, akses, dll.

Visi Dan Misi FORDA Sumbar

“Mewujudkan Sumbar yang layak bagi anak, untuk hidup tumbuh dan berkembang.”

Tujuan:

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah “mewujudkan implementasi maksimal hak partisipasi anak di Propinsi Sumatera Barat seperti yang telah dijamin dalam UU Perlindungan Anak.”

Tujuan khusus adalah:
Memberi dukungan dana untuk pengembangan berbagai program yang akan di kelola oleh FORDA Sumbar. Memberi dukungan kebijakan terhadap program-program yang akan di kembangkan oleh FORDA Sumbar.
Melakukan advokasi kepada masyarakat tentang pentingnnya perlindungan dan pemenuhan hak anak, yang menjadi tanggungjawab bersama.

Hasil Yang Diharapkan:

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:
Terlaksananya kegiatan FORDA Sumbar kepengurusan 2007-2009 dengan baik. Tersosialisasinya keberadaan forum ini ke 2.500 orang anak di seluruh Sumbar pada tahun 2008. Diperolehnya dukungan dari pemerintah baik dalam bentuk
anggaran maupun kebijakan yang berhubungan dengan kelancaran program forum ini. (ali/dbc)