FPRB GELAR KEGIATAN ANTISIPASI BENCANA

72

Dompu~NTB Kla.id, Guna mengantisipasi setiap terjadinya bencana, Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) bersama OPD Terkait mengadakan langkah koordinasi. Kegiatan yang digelar di Gedung PKK Kabupaten Dompu, Kamis kemarin ikut dihadiri oleh perwakilan dari Desa, LSM dan Masyarakat.
Mudah~mudahan dengan adanya kegiatan bersama yang dilakukan oleh FPRB Kabupaten dan sejumlah OPD lainnya serta masyarakat akan makin mudah dalam usaha menanggulangi setiap terjadinya musibah atau bencana“, kata Ibrahim selaku Koordinator Lembaga Study Pengkajian Lingkungan (Lespel).

Menurut Ibrahim, “kegiatan yang mereka gelar merupakan program rutin dari FPRB yang harus dilakukan guna mencari langkah~langkah kongkrit dalam usaha mencegah terjadinya bencana. Sebab, jika musibah alam melanda suatu pemukiman penduduk, itu sudah dipastikan berdampak terhadap seluruh lingkungan hidup tersebut, jika bencana alam berupa banjir melanda suatu pemukiman warga, maka segala aktifitas dalam wilayah tersebut akan terganggu”, katanya.

Untuk itu ia megharapkan lewat pertemuan tersebut nantinya akan bisa menghasilkan manfaat demi kebutuhan bersama masyarakat.
Mengingat peserta yang diundang dalam pertemuan FPRB, adalah OPD lain, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dikes), Palang Merah Indonesia (PMI), Tokoh Masyarakat dan Organisasi Desa.

“Momen dan kegiatan ini adalah agenda besar, dalam rangka pertemuan rutin FPRB dan usaha penilaian Kabupaten Tanggap Darurat Bencana. Makanya diharapkan pada peserta untuk serius mengikutinya. Sebab, kegiatan ini harus ada rohnya”, unkapnya.
Sementara itu Koordinator FPRB, Islam, SH dalam arahannya mengajak para peserta guna mengikuti kegiatan secara serius dan saling bertukar pikiran terkait dengan masalah bencana.

“Saya atas nama FPRB mengajak dan berharap pada semua peserta yang mengikuti pertemuan ini, agar bisa diikuti dengan baik, sehingga hasil dari pertemuan ini nantinya dapat berguna dan bermanfaaat untuk orang banyak”, harapnya.  [Syam/DP3A Dpu]