GERAKAN LITERASI SEKOLAH GUNA PENINGKATAN NIAT BACA ANAK SDN 7 PAJO

35

Dompu~NTB Kla.id, Di SDN 7 Pajo, Desa Lepadi Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu~NTB diadakan kegiatan yang merupakan rangkaian Program Literasi Ilmu Perpustakaan dengan tema Gerakan Literasi Sekolah. Kegiatan ini berlangsung Pukul 09.00 – 12.00 WITA di Ruang Kelas IV. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di SDN 7 Pajo sehingga Guru dan Siswa cukup antusias dalam pelaksanaannya.

Kegiatan ini diikuti oleh Kelas III sampai VI. Beberapa Siswa berhalangan mengikuti kegiatan dikarenakan sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai macam perlombaan.

Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu Program yang masuk dalam Kurikulum Pendidikan 2013. Program ini bertujuan untuk meningkatkan Kecintaan Anak~Anak Sekolah dalam membaca Buku, Majalah dan lainnya. Mengingat, anak~anak sekolah saat ini memiliki minat baca yang masih rendah, sehingga perlu adanya kegiatan Literasi Sekolah untuk membiasakan anak~anak membaca dan mulai menjadikannya rutinitas yang disukai.

Kegiatan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 7 Pajo ini diisi dengan memberikan waktu sekitar 15 menit pada siswa untuk membaca beberapa Buku Bacaan yang tersedia di Perpustakaan SDN 7 Pajo dan Unit Mobil Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu. Para siswa menyambut dengan antusias kegiatan ini dan terlihat membaca dengan saksama. Setelah melalui waktu 15 menit untuk membaca, para siswa diminta untuk melakukan review tentang apa yang mereka baca dari buku.

Para siswa dapat melakukan review dengan baik, kegiatan ini kemudian ditutup dengan ajakan untuk gemar membaca dan cinta perpustakaan yang juga merupakan tujuan dari Gerakan Literasi Sekolah itu sendiri. Selain itu, para siswa juga diajak bermain games untuk memberikan hiburan dan menghilangkan rasa bosan.

Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan dilaksanakan rutin oleh SDN 7 Pajo maupun di Sekolah~Sekolah yang ada dalam Wilayah Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu lainnya untuk meningkatkan minat baca anak sedari dini dan menumbuhkan kecintaan anak pada membaca.    [Yd/DP3A Dpu]