HUT SMAN 1 DOMPU KE~56 GELAR KARNAVAL BUDAYA

43

Dompu~NTB Kla.id, Memeriahkan HUT ke-56 Tahun 2019, SMA Negeri 1 Dompu menggelar Parade La Artventure Siswa SMAN 1 Dompu Mengabdi, Persembahan untuk Negeri Rabu Pagi (02/10~2019). Parade Karnaval menampilkan berbagai macam tampilan dengan berbagai tema, seperti tema tentang seni budaya, sosial, kesehatan, pendidikan dan sebagainya oleh para Siswa/Siswi SMAN 1 Dompu.

SMA Negeri 1 Dompu bertambah usia. Salah satu Sekolah Unggulan dan Sekolah Ramah Anak di Dompu ini kini berumur 56 Tahun. Rangkaian acara untuk menyambut Hari Ulang Tahun tersebut dilakukan. Seperti yang terlihat pada hari ini. Rangkaian kegiatan resmi dibuka oleh Kepala SMA Negeri 1 Dompu Muhamad Ihsan, S.Pd, didampingi Dewan Guru beserta Warga Sekolah lainnya lingkup SMAN 1 Dompu maupun Komite Sekolah ini. Setelah dibuka secara resmi dilanjutkan dengan Karnaval yang dilepas secara langsung oleh Kepala Sekolah.

Kepala SMAN 1 Dompu, Nuhamad Ihsan, S.Pd mengatakan Karnaval diikuti Ratusan Siswa/Siswi. Kreatifitas tersebut semuanya dari Peserta Didik. Karnaval itu sebagai bentuk Gelar Budaya Indonesia, sehingga tidak sedikit Peserta yang menggunakan Pakaian Adat dari berbagai Provinsi lain serta Monumen atau Tugu yang menjadi ciri khas masing~masing daerah.
“Peserta kami beri kebebasan untuk memunculkan kreatifitasnya. Karnaval ini juga kami lombakan. Semua biaya dari Peserta Didik,” ujar M. Ihsan.

Sambutan Kepala Sekolah SMAN 1 Dompu Muhamad Ihsan, S.Pd “Apresiasi dan perhargaan saya berikan kepada Panitia/Pengurus OSIS yang telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka hari jadi SMAN 1 Dompu terutama Pelaksanaan Karnaval yang berjalan dengan lancar, Tolong Bapak~Ibu agar membantu kami melaksanakan kegiatan pembinaan terutama masalah Narkoba dan tentang Nasionalisme, Selamat Ulang Tahun kepada Sekolah yang kita cintai semoga kedepannya dapat menjadi Sekolah yang Unggul, Maju dan Jaya”.

Sementara Wali Kelas X~IPA.4 Raisatul Wahidah “Pendidikan yang sudah diterapkan di SMAN 1 Dompu di anggap berhasil karena sampai sekarang tidak ada permasalahan yang menyangkut Hukum, pada Usia yang ke~56 ini adalah usia yang sudah, matang untuk berbenah diri walaupun sedikit untuk kebaikan. Terkait permasalahan kenakalan remaja saya berpesan kepada Siswa-Siswi dalam situasi seperti apapun jangan sampai mencoba/mendekat kepada Narkoba dan saya berharap untuk SMAN 1 Dompu untuk tertib dalam berlalu lintas karena korban terbanyak adalah anak~anak usia produktif, Kami selaku Dewan Guru dan Wali Kelas akan mendukung semua Program SMAN 1 Dompu untuk memberikan pembekalan terhadap Siswa~Siswi untuk Pembekalan Negara'”

Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan, Abdul Khair, S.Pd mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai pembelajaran khususnya para Siswa~Siswi untuk menghargai Budaya Asli Daerah Dompu maupun Budaya Nasional.
“Selain sebagai pembelajaran para Siswa~Siswi, diharapkan akan menumbuhkan semangat bagi masyarakat yang menyaksikan, untuk mencintai keanekaragaman budaya yang kita miliki. Kegiatan Ulang Tahun Sekolah diadakan rutin setiap Tahunnya. Karnaval Budaya baru dilaksanakan Tahun ini. Sebelum Karnaval Budaya telah diisi dengan berbagai kegiatan festival jajanan tradisional,” katanya.

Sementara itu, M. Anugerah Dzulkaidah, Ketua OSIS SMAN 1 Dompu sekaligus Anggota Forum Anak Dompu mengatakan, “Bahwa Karnaval Budaya yang akan diselenggarakan mengusung beberapa konsep diantaranya; konsep tentang pendidikan, kebudayaan, perikanan, olahraga, keamanan, pertanian, kesehatan, profesi, kesenian dan hankam.
“Masing~masing Kelas mendapatkan peran masing~masing sesuai dengan undian yang didapatkan. Mereka harus mencari property untuk mendukung konsep yang diperankan. Pada dasarnya tidak ada kesulitan dalam mencari properti karena mereka menyadari bahwa keanekaragaman dan kebudayaan yang dimiliki harus dilestarikan dan dijunjung tinggi,” jelasnya.

Penampilan Marching band “SMANSADOM” di depan Panggung Kehormatan menjadi sajian utama. Ribuan pasang mata cukup terhibur dan menikmati tampilan atraktif dari para Siswa~Siswi ini dengan berbagai formasi.

Dihadapan Ribuan pengunjung khususnya ditujukan kepada para Siswa~Siswi SMAN 1 Dompu, Kepala Sekolah Muhamad Ihsan, S.Pd menyampaikan ucapkan selamat Ulang Tahun. Dia juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan berbagai kegiatan terutama Karnaval Budaya ini.
“Kedepan diharapkan Lahir Kader~Kader yang lebih baik lagi dari SMAN 1 Dompu. Banyak Jenderal telah lahir dari SMAN 1 Dompu. Selamat Ulang Tahun ke~56 Tahun 2019 SMAN 1 Dompu”, kata Muhamad Ihsan.     [Yd/DP3A Dpu]