Irau Malinau Masuk Top 100 Even Pariwisata Nasional 2018

343

Tanjung Selor (kal.id) – Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kalimantan Utara (Kaltara), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melalui Dinas Pariwisata Kaltara mengusulkan 5 festival budaya yang ada di provinsi bungsu ini, agar masuk dalam kalender pariwisata nasional. Salah satunya, adalah Irau di Malinau yang akhirnya disetujui. “Dari beberapa festival budaya yang kami usulkan pada 2017, salah satunya Festival Budaya Irau Malinau. Dan alhamdulillah, terpilih masuk dalam Top 100 Event Pariwisata Nasional 2018,” ungkap Haerani, Kepala Dinas Pariwisata Kaltara.

Haerani mengungkapkan, sebelum masuk dalam kalender Top 100 Pariwisiata Nasional, Festival Budaya Irau Malinau yang diusulkan Kaltara, telah melalui serangkaian penilaian dari Tim Kurator Kementerian Pariwisata RI. “Teknis penilaiannya itu tim kurator yang menentukan. Di antaranya ketetapan event, keberlangsungan event seperti berapa lama dilaksanakan, hingga jumlah kunjungan,” ujarnya.

Setelah masuk dalam kalender pariwisata nasional, Festival Budaya Irau Malinau, langsung dipromosikan sejak  Januari 2018. “Dalam Kalender Pariwisata Nasional itu, Festival Budaya Irau Malinau ini dilaksanakan pada 26 Oktober. Namun kami belum tahu konsepnya seperti apa, tinggal dari daerahnya seperti apa nanti dilaksanakan event ini,” ungkap Haerani.

Ditambahkan, Irau malinau merupakan pesta rakyat yang menampilkan seni dan budaya. Event yang merupakan rangkaian HUT Kabupaten Malinau ini, diagendakan rutin 2 tahun sekali oleh Pemerintah Kabupaten Malinau. “Pelaksanannya sekitar 10 hari itu. Selama itu ditampilkan, semua tarian dan kebudayaan yang berbeda beda yang ada di Kaltara. Utamanya di Malinau,” tutup Haerani.(humas)