JAM BELAJAR ANAK DI LUAR JAM SEKOLAH DI DOMPU

44

Dompu~NTB Kla.id, Kepedulian masyarakat terhadap pendidikan anak khususnya keluarga sangat menentukan keberhasilan pendidikan dan untuk mencapai keberhasilan tersebut, maka sejak dini perlu ditanamkan disiplin belajar kepada peserta didik.

Dalam rangka untuk memanfaatkan waktu luang, meningkatkan budaya membaca dan belajar bagi peserta didik dan warga masyarakat di Kabupaten Dompu, maka perlu diadakan Jam Belajar Masyarakat.

Serangkaian Komitmen Kabupaten Dompu menuju Kabupaten Layak Anak Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu membentuk Peraturan Bupati Dompu Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Jam Belajar Anak Diluar Jam Sekolah di Kabupaten Dompu.

Jam Belajar Anak (JBA) merupakan jumlah waktu yang ditetapkan untuk belajar bagi peserta didik dan warga masyarakat di Kabupaten Dompu.

Maksud dan tujuan dibentuk Perbup Penyelenggaraan Jam Belajar Anak
JBA dimaksudkan untuk ;
a. Mendorong anak meningkatkan semangat belajar; dan
b. Menciptakan suasana belajar yang kondusif di lingkungan keluarga dan masyarakat.
JBA bertujuan untuk ;
a. Menciptakan kemauan anak, agar belajar merupakan sebuah budaya sehingga mendukung peningkatan kualitas anak dan prestasi pendidikan anak;
b. Mewujudkan anak yang berkualitas; dan
c. Mewujudkan Daerah sebagai Kabupaten Layak Anak

Penyelenggaraan JBA dilaksanakan oleh semua unsur Stakeholders untuk menyediakan Fasilitas Kegiatan Kreatif Anak, Peserta Didik dan Masyarakat melalui Gerakan Belajar Kreatif Anak.
Kegiatan Gerakan Belajar Kreatif Anak antara lain ; (a) Fasilitasi sarana belajar; (b) Pendampingan proses belajar; (c) Konsultasi belajar; dan (d) Penghimpunan dana
Peserta Didik harus melaksanakan hal-hal sebagai berikut; Belajar di rumah atau fasilitas belajar lainnya; dan mantaati tata tertib pelaksanaan JBA
Anak sebagaimana harus melaksanakan hal-hal sebagai berikut; Membentuk Kelompok Kerja (Pokja) JBA; dan Berpartisipasi aktif dalam terlaksananya JBA

Kelompok Kerja (Pokja) JBA dibentuk di setiap Rukun Tetangga (RT). Kelompok Kerja JBA mempunyai tugas sebagai berikut; (1) Menyusun program kerja JBA; (2) Membuat tata tertib JBA; (3) Melaksanakan penyuluhan JBA; (4) Memfasilitasi pelaksanaan JBA; (5) Memantau pelaksanaan JBA; dan (6) Menggerakkan Gebrakan dalam pelaksanaan JBA

Dengan dibentuknya Peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan Jam Belajar Anak Diluar Jam Sekolah, maka Kabupaten Dompu dapat mewujudkan Kabupaten Layak Anak sesuai Klaster IV (Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya).
Peraturan Bupati ini mendapat respon dari semua Komponen Masyarakat Dompu, terutama dari penggiat pendidikan.

“Saya dan orangtua lainnya senang sekali dengan jam belajar Anak, semoga prestasi anak-anak dapat meningkat,” kata Nisya, orangtua yang tinggal di RT 015/008 Kelurahan Potu Dompu saat dilancarkannya JBA pada Kamis (25/07/2019) malam.
Nisya mengeluh dalam setahun terakhir prestasi sekolah anak-anaknya melorot lantaran asyik main HP maupun menonton TV. Padahal TV sudah dimatikan, namun kerap dinyalakan kembali.

Dengan adanya JBA, kebiasaan buruk menonton TV itu bakal dipantau ketat oleh Tim Satgas JBA yang akan door to door menyambangi rumah warga mulai pkl:18.00-21.00.

“JBA dapat mengembalikan budaya belajar, mengaji dan menggali potensi anak yang tergerus oleh jaman. Kegiatan ini diharapkan dapat dicontoh di RT lain sebagai tanggung jawab terhadap masa depan bangsa,” kata UMI YAT (Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu).
“Saya bersyukur dukungan dari para pemilik warnet dan rental playstation yang menutup operasional pada saat jam belajar malam bagi anak usia sekolah di RT/RW 015/008 Kelurahan Potu dan sekitarnya,” ungkapnya  [Yd/DP3A Dpu]

Perbup (Penyelenggaraan Jam Belajar Anak)